25 radar bogor

Jokowi Janji Berikan Bantuan Rehabilitasi Pasca Gempa Cianjur, Segini Besarannya

Jokowi ke Cianjur
Presiden Jokowi menyambangi korban gempa bumi di Cianjur pada Kamis (24/11/2022). GIFFAR/METROPOLITAN

CIANJUR-RADAR BOGOR, Presiden Jokowi kembali mendatangi lokasi bencana gempa bumi di Cianjur pada Kamis (24/11/2022).

Baca Juga : Sambangi Korban Gempa Cianjur, Jokowi Berdendang dengan Anak-Anak Pengungsi 

Ia bersama rombongan mendatangi dua tempat yakni RSUD Sayang di Kecamatan Cianjur dan posko pengungsian di Desa Gasol, Kecamatan Cugenang.

Jokowi menuturkan saat ini pemerintah masih berfokus pada proses evakuasi. Selain itu ia juga mengatakan terus berupaya memastikan distribusi bantuan dapat menjangkau semua titik bencana.

“Terpenting sekarang evakuasi dan distribusi selesai. Baru setelah itu babak berikutnya yakni rehabilitasi rumah-rumah terdampak,” tuturnya.

Dirinya menyebut, bantuan yang akan diberikan pada rumah yang rusak berat senilai Rp50 juta. Sementara bagi warga yang rumahnya mengalani rusak sedang dan ringan akan mendapat bantuan masing-masing senilai Rp25 juta dan Rp10 juta.

Jokowi menjelaskan bantuan tersebut akan diberikannya dengan berbagai skema. “Ada yang akan dibangun Kementerian PUPR, ada yang dibantu TNI, dan ada yang diserahkan kalau memang itu cepat. Kita tidak terpaku pada satu cara,” terangnya.

Di lokasi pertama Jokowi meninjau jumlah pasien korban terdampak gempa bumi di RSUD Sayang. Ia menyebut jumlah pasien saat ini sudah banyak berkurang.

Baca Juga : Di Tengah Bencana Gempa Cianjur, Tetap Kirim Paket dari Posko ke Posko

“Tadi saya juga sudah mendatangi RS memang awal ada 741 pasien yang masuk RS tapi tadi tinggal 24 orang. Karena sebagian ada yang dirujuk ke Jakarta dan Bandung dan yang lain sudah diperbolehkan pulang,” bebernya.

Dalam lawatan keduanya itu Jokowi didampingi Menteri Sosial, Tri Rismaharini, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, serta Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep