25 radar bogor

Cegat Bantuan Korban Gempa Cianjur, Tiga Warga Diamankan Polisi

Cegat Bantuan Korban Gempa Cianjur
Tangkapan layar bantuan korban gempa Cianjur dicegat oknum warga.

CIANJUR-RADAR BOGOR, Media sosial dihebohkan dengan video relawan yang tengah membawa bantuan untuk masyarakat terdampak gempa Cianjur, dicegat oknum tak bertanggung jawab.

Baca Juga : BNPB Imbau Relawan Cianjur, Bantuan Jangan Disalurkan Sendiri

Oknum tersebut meminta agar bantuan yang dibawa diturunkan dan diserahkan kepada mereka. Namun, sang pengendara mobil itu kemudian menolak dan memilih mundur.

Diketahui peristiwa itu terjadi di Jalan Raya Warungjengkol tepatnya di Kampung Kabandungan, Desa Padaluyu, Kecamatan Cugenang, Rabu, (23/11/2022).

Terkait video penghadangan oleh oknum terhadap relawan bantuan sosial pada bencana gempa Cianjur, Humas Polres Cianjur Ipda Nanang mengatakan, Polres Cianjur telah mengamankan tiga orang tersangka atas nama PP (24), R (30) dan JH (32) .

“Ketiganya telah meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya dengan membuat perjanjian diatas materai,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan, agar kejadian tersebut tak terulang kembali mengimbau masyarakat atau pihak lainnya untuk menyerahkan bantuan logistik untuk korban gempa Cianjur secara terpusat di dua tempat.

Di antaranya, Gudang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur dan Gedung Bale Rancage. “Jadi masyarakat bisa memberikan kebutuhan logistik untuk korban terdampak gempa Cianjur di dua tempat itu,” katanya.

Baca Juga : Update Gempa Cianjur: Korban Meninggal 271 Orang, Hilang 40 Orang

Kemudian nantinya, para camat akan merilis korban-korban terdampak di wilayahnya untuk nanti dapat disalurkan bantuan setiap pagi hari.

Dengan skema itu akan mempermudah pendataan dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. “Dengan skema itu proses distribusi akan tersalurkan kepada warga yang benar-benar membutuhkan,” ungkapnya. (byu)

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Radar Bogor (@radar_bogor)

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Radar Bogor (@radar_bogor)

Editor : Yosep