25 radar bogor

RSUD Ciawi Rawat Tujuh Korban Gempa Cianjur, Iwan Garansi Terlayani

RSUD Ciawi
Ruang isolasi Covid-19 di RSUD Ciawi mulai dibooking pasien Covid-19.

CIAWI-RADAR BOGOR, Sebanyak tujuh orang korban bencana gempa Cianjur saat ini dirawat di RSUD Ciawi. Mereka pun mendapatkan jaminan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Baca Juga: Desa Batulayang Bantu Korban Gempa Cianjur, Kades : Warga Tidur di Tenda Plastik

“Ketujuhnya kami tangani dengan standar pelayanan yang ada, sesuai instruksi Dirut RSUD. Tidak kami bedakan, terlepas yang bersangkutan adalah warga Cianjur. Karena ini demi kemanusiaan,” ucap Kepala Bagian TU RSUD Ciawi, Mardani.

Sampai saat ini, kata dia, kondisi korban masih dalam pemantauan dokter yang bertugas, baik yang berada di IGD maupun yang di ICU.

Gempa bumi yang terjadi di Cianjur pada Senin (21/11) lalu itu mengakibatkan banyak korban jiwa dan luka-luka. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan, penyebab gempa tersebut diduga akibat dari pergerakan Sesar Cimandiri.

Sebelumnya Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan telah menginstruksikan RSUD di Kabupaten Bogor untuk sigap membantu melayani korban ketika dibutuhkan.

Iwan memastikan, tenaga kesehatan di beberapa RSUD di Bumi Tegar Beriman untuk bisa merawat korban luka-luka, warga Kabupaten Cianjur.

“RSUD saya minta turut berempati. Kalau ada korban bencana alam gempa bumi di Kabupaten Cianjur butuh perawatan, maka layani mereka dengan baik,” pintanya.

Baca Juga: Cianjur Masih Waswas, Gempa Guncang Kota Bogor!

Empat RSUD di Kabupaten Bogor membantu melalui bantuan alat kesehatan untuk bedah dan ortopedi. Kemudian ruangan khusus untuk Peduli Cianjur, yang menyediakan 30 tempat tidur di RSUD Ciawi dan Cileungsi.

“Dan mobil ambulancs untuk evakuasi korban gempa Cianjur,” sambung Iwan.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto