BNPB Imbau Relawan Cianjur, Bantuan Jangan Disalurkan Sendiri

periksa korban
Tim medis dari Gerakan Anak Negeri memeriksa kesehatan para korban bencana alam di Kampung Ciwaru , Desa Gasol, Kabupaten Cianjur. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Berbagai bantuan mulai mengalir ke Kabupaten Cianjur untuk membantu korban-korban terdampak bencana gempa bumi. Selama tiga hari, aliran logistik dari pararelawan dan organisasi berdatangan.

Baca Juga: Update Gempa Cianjur: Korban Meninggal 271 Orang, Hilang 40 Orang

Meski begitu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta agar penyaluran bantuan dan logistik ditertibkan. Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengimbau kepada seluruh pihak untuk menyalurkan bantuannya melalui posko di Kantor Bupati Cianjur.

“Masyarakat dan lembaga lain yang ingin membantu masyarakat terdampak, satu pintu melalui posko, semua bantuan akan didistribusikan ke yang berhak,” kata Suharyanto, dikutip Radar Bogor dari keterangan resmi, Rabu (23/11).

Ia memastikan, pendistribusian akan menggandeng perangkat desa setempat untuk memastikan kebutuhan terpenuhi.

Pendistribusian logistik dilakukan setiap pagi. Para Camat akan mengajukan kebutuhan dan disiapkan armada untuk melakukan pengiriman ke Kantor Camat, setiap pukul 09.00 WIB. Dari sana, kepala desa, babinsa, dan babinkatibmas mendistribusilan ke titik-titik pengungsian.

“Jangan distribusikan sendiri karena cuaca tidak baik, jalanan kecil, menyebabkan jalanan terhambat, ada laporan pasukan evakuasi terhambat karena itu. Kemudian banyak warga luar datang untuk menonton korban bencana, akan ditertibkan oleh TNI/Polri,” lanjutnya.

Penanganan bencana gempa Cianjur juga mendapatkan dukungan personil dari berbagai pihak.

Baca Juga: Gempa M3,1 Guncang Kota Bogor, BPBD: Tidak Ada Dampak

Relawan yang tercatat berasal dari 193 organisasi dengan 2.904 personel. Para relawan akan membantu SAR, distribusi logistik, pendataan, dan pemenuhan kebutuhan lain. (*/mam)

Berita Lainnya