25 radar bogor

Anak-anak di Pengungsian Kampung Gasol Cianjur Mulai Terserang Penyakit

Kampung Gasol
Tim Dokter relawan Gerakan Anak Negeri saat memeriksa kesehatan anak-anak korban gempa Cianjur di Kampung Gasol, Rabu (23/11/2022). SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

CIANJUR-RADAR BOGOR, Gempa yang melanda Cianjur pada Senin (21/11/2022) membawa dampak panjang kepada para pengungsi. Seperti yang terjadi RW 4 Kampung Gasol, Desa Gasol, Kecamatan Cugenang. Banyak pengungsi mulai terserang penyakit.

Baca Juga : Hari Kedua, Gerakan Anak Negeri Salurkan Bantuan di 4 Titik Bencana Cianjur

Tak hanya orang dewasa, anak-anak di Kampung Gasol pun mulai terserang berbagai penyakit.  Salah seorang pengungsi, Ai Kulstum (37) menuturkan anaknya mulai terserang penyakit seperti batuk, pilek, demam, dan gatal-gatal.

“Sejak tinggal di sini (pengungsian) kesehatan  anak mulai menurun. Mungkin karena tinggal di luar banyak terkena angin dan suhu dingin. Kami juga kekurangan selimut dan baju hangat,” ucapnya.

Ai mengatakan, marena terserang penyakit banyak anak di pengungsian yang sulit tidur dan terus menangis.

Selain diserang penyakit para pengungsi juga hidup dalam keterbatasan. Kebutuhan pokok seperti air bersih mulai menipis sehingga warga kesulitan untuk minum dan buang air.

“Kebutuhan paling mendesak yaitu air bersih, minyak kayu putih, dan peralatan mandi seperti pasta gigi dan sabun,” tutur Ai.

Para pengungsi di Kampung Gasol juga terus dihantui gempa susulan yang masih kerap terjadi. “Seperti di atas air, getar terus tanahnya. Kami tidak bisa tidur karena ketakutan,” tutupnya. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep