25 radar bogor

XL Axiata Percepat Pemulihan Jaringan dan Sediakan Akses Telepon Gratis

XL
Teknisi memeriksa infrastruktur jaringan XL Axiata di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Selasa (22/11).

CIANJUR-RADAR BOGOR, Jaringan telekomunikasi dan data XL Axiata sudah berangsur normal pasca gempa yang mengguncang Cianjur. Layanan bisa diakses normal kembali, Selasa (22/11).

Sebelumnya, layanan XL Axiata di beberapa titik mengalami gangguan karena padamnya aliran listrik. Saat ini, tim XL Axiata di lapangan terus melakukan upaya pemulihan setelah terdeteksi terjadi gangguan.

Baca Juga: Gempa Cianjur, Empat Bocah Santri Tewas Tertimpa Bangunan Majelis

Pj Group Head Central Region XL Axiata, Arif Farhan Budiyanto, mengungkapkan, timnya yang bertugas di lapangan terus bekerja keras untuk memastikan kondisi jaringan di lokasi bencana.

“Hingga Selasa pagi tadi, kami pastikan jaringan sudah berangsur pulih di sebagian besar kecamatan di Cianjur dan Sukabumi. Masyarakat dapat memanfaatkan jaringan untuk berkomunikasi dan aktivitas digital lainnya, termasuk untuk mengakses informasi dan berkoordinasi dengan aparat terkait,” garansinya, dalam keterangan resmi Radar Bogor, Selasa (22/11).

Arif menambahkan, pemulihan jaringan kini menjadi prioritas tim XL Axiata di lapangan. Hal itu agar bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendukung proses tanggap darurat dan penanganan korban oleh aparat terkait.

Tim teknis XL Axiata di lapangan akan terus bersiaga untuk mengantisipasi jika terjadi gempa susulan. Selain itu, tim XL Axiata juga memastikan ketersediaan kartu perdana dan pengisian pulsa maupun paket di XL Center hingga toko-toko pulsa area Cianjur, Sukabumi, dan sekitarnya.

Selain itu, XL Axiata juga menyediakan layanan bebas biaya telepon dan SMS. Jadi, warga yang juga pelanggan XL, AXIS, dan XL Prioritas bisa menelepon dan kirim SMS ke sesama nomor pengguna XL Axiata.

Baca Juga: XL Axiata Business Solutions, Solusi 5G Smart Mining dan Solusi untuk UMKM

Menurut Arif, XL Axiata juga telah menyediakan posko telepon gratis yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang terdampak gempa Cianjur. Salah satu posko berada di RSUD Sayang, Cianjur, Jawa Barat.

“Kami berharap, masyarakat dan pelanggan yang di area-area tersebut bisa memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Tentu layanan gratis ini juga bisa dimanfaatkan oleh aparat membantu pemulihan di kedua daerah,” pungkasnya.(*)

Reporter: Omer Ritonga
Editor: Imam Rahmanto