25 radar bogor

Satu Tahun Berbenah, Bojong Pesantren Raih Jawara Permukiman Swadaya

Juara
Warga dan pengurus Kampung Bojong Pesantren, Bojongkerta berfoto bersama usai membawa pulang gelar juara pertama Bogorku Bersih kategori permukiman swadaya, Selasa (22/11). (Radar Bogor/ Hendi Novian)

BOGOR-RADAR BOGOR, Perjuangan selama satu tahun dalam menata lingkungan di Kampung Bojong Pasantren RT 04/03, Kelurahan Bojongkerta akhirnya terbayar. Kampung di Bogor Selatan ini membawa pulang gelar juara pertama Bogorku Bersih 2022 kategori Permukiman Swadaya.

Kekompakan dan keberhasilan warga mampu menyulap kampungnya menjadi bersih. Tak pelak, hadiah uang tunai sebesar Rp30 juta berhak dibawa pulang.

Baca Juga: Kampung Tanah Sareal Bawa Pulang Jawara Bogorku Bersih

“Bangga, di mana para pengurus warga kompak dan guyub. Dulu itu Bojongkerta banyak sampah, hari ini pembuktian bahwa masyarakat bisa bekerja sama berbarengan. Sampah bisa hilang di Bojongkerta,” tegas Lurah Bojongkerta Harry Cahyadi, Selasa (22/11).

Sejak penilaian Bogorku Bersih 2021, Kelurahan Bojongkerta memang sudah menunjukan hasil yang cukup baik. Namun, tahun ini menjadi pembuktian bahwa masyarakat di Bojongkerta mampu mengendalikan persampahan dan keindahan.

“Saya ingat Maret tahun lalu saya ke sana. Alhamdulillah setu tahun lebih bekerja bareng dengan masyarakat, mulai dari yang tadinya sampah dibuang sembarangan, sampah dibakar terus dibuang ke sungai. Dalam satu tahun lebih bisa bekerja sama berbarengan, sinergitas, kolaborasi, dan hasilnya seperti ini,” paparnya.

Ia menjelaskan, konsep satu tahun terakhir menerapkan bagaimana memberdayakan masyarakat yang sempat terdampak karena PHK. Dirinya mengajak untuk memberdayakan lahan terbuka hijau yang sebelumnya tidak terurus.

Ke depan, mantan Lurah Empang ini juga bakal mempertahankan kebersihan dan kembali memoles Kampung Bojong Pasantren.

“Kita coba jadikan Kampung Edukasi dengan pemberdayaan. Mulai dari tanaman hias, bioflok, budi daya lele, budi daya sapi termasuk juga UMKM yang ada di masyarakat,” paparnya.

Ketua RT 04 Yanto juga tak menyangka bisa keluar menjadi pemenang utama dalam ajang Bogorku Bersih ini. Hasil yang diraih merupakan perjuangan bersama yang dilakukan warga berkolaborasi dengan Kelurahan Bojongkerta.

“Uang yang kami terima akan digunakan untuk pembinaan wilayah yang masih banyak kekurangan. Tentunya dari tempat-tempat sampah kebersihan dan juga fasilitas-fasilitas anak bermain dan olahraga. Itu saja mungkin nanti akan dibenahi lewat dana yang kita dapat hari ini di Lomba Bogorku Bersih,” bangganya.

Baca Juga: Perumahan Kebun Raya, Juara I Bogorku Bersih Kategori Permukiman Teratur

Munculnya titel jawara yang disandang Kelurahan Bojongkerta sekaligus ajang mempromosikan wilayah yang berada di wilayah Bogor Selatan itu.

“Dulu berangkat dari kampung yang kumuh, kampung yang tidak sama sekali dikenal. Malah menurut survei, 10 warga yang kita survei di luar Bogor, tidak ada satupun yang tahu di mana itu letaknya Bojongkerta,” tukasnya.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto