25 radar bogor

Perjuangan Warga Korban Gempa Cianjur, Terjang Longsor Demi Bertemu Keluarga

Gempa cianjur
Herlan beserta warga Cijedil bertahan di tenda pengungsian yang dibuat al akadarnya mengunakan terpal bekas dan bambu. Gempa Cianjur membuat rumah keluarganya ambruk.

CIAWI-RADAR BOGOR, Herlan panik saat Warga Cijendil RT 02/02 Desa Cijendil, Kecamatan cugenang, Cianjur itu mendengar rumah orang tuanya ambruk diterjang longsor akibat gempa Cianjur, Senin (21/11/2022) siang.

Baca Juga : Gempa Susulan di Cianjur Masih Terjadi, Warga Bertahan di Luar Rumah

Kabar itu ia terima selepas Magrib. Sang kakak mengirim pesan WhatsApp mengabarkan rumahnya ambruk. Semua keluarga saat itu masih terkatung katung di tengah rasa ketakutan pasca gempa Cianjur.

Usai menerima pesan, tanpa pikir panjang, Herlan langsung mengemasi barang. Berangkat dari indekost di bilangan Cimanggu, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

Dari Bogor, ia berangkat mengunakan ojek online menuju Simpang Ciawi. Saat itu tidak banyak kendaraan umum yang berangkat menuju Cianjur. Karena jalan tertutup longsor akibat gempa Cianjur.

Beruntung ada Bus Marita saat itu, ia masih bisa pulang melihat kondisi keluarganya. Sepanjang perjalanan, Herlan hanya bisa beristighfar, berdoa dan terus memanjatkan doa. “Alhamdulilah, di Ciawi ada Bus Marita yang jalan,” katanya kepada Radar Bogor Selasa (22/11/2022).

Namun, bus yang ia tumpangi tak bisa menjangkau tempat tinggalnya. Karena longsor yang menutup jalan. Bus Marita yang ia tumpangi hanya bisa mengantar sampai depan rumah makan ayam goreng Jakarta-Cibereum. “Dari situ saya jalan kaki sejauh 2 kilometer,” paparnya.

Perjuangan Herlan bukan saja berjalan kaki, namun ia harus melintasi longsor yang menutup jalan nasional itu. Ya, rumah Herlan berada tepat di seberang longor yang menutupi jalan.

Saat tiba kondisi jalan gelap gulita. Listrik sedang mati di sana. Herlan nekat menerobos longsor malam itu. Berkali-kali ia jatuh terjerembab karena terperosok longsoran.

Baca Juga : Heboh! Gunung Gede Dikabarkan Mengeluarkan Api Pasca Gempa Cianjur

“Gelap dan takut ada gempa susulan, tapi ingin melihat kondisi kekuarga. Sebisa mungkin baca Al Fatihah sambil jalan melewati longsor menuju rumah,”tuturnya.

Setibanya di rumah, Herlan tak kuasa meneteskan air mata. Rumahnya ambruk. Nyaris rata akibat diguncang gempa Cianjur. “Semua rumah disitu rusak parah,” tukasnya. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep