25 radar bogor

Kampung Tanah Sareal Bawa Pulang Jawara Bogorku Bersih

Juara bogorku bersih
Juara I Permukiman Tepi Sungai Bogorku Bersih berfoto bersama Wali Kota Bogor, usai menerima hadiah di Atrium Botani Square Mall, Selasa (22/11). (Radar Bogor/ Hendi Novian)

BOGOR-RADAR BOGOR, Kampung Tanah Sareal RT 05/06 Kelurahan Tanah Sareal keluar sebagai juara pertama lomba Bogorku Bersih 2022. Itu untuk kategori permukiman tepi sungai.

Pengumuman acara Bogorku Bersih itu berlangsung di Atrium Botani Square Mall, Selasa (22/11). Hasil itu tak disangka oleh Ketua Tanah Sareal RT 05/07 Luwy Suwandi.

Baca Juga: Para Juara Bogorku Bersih 2022 Kategori TPS3R Terus Berkomitmen Jaga Kebersihan

“Di luar bayangan kami, karena kami punya semangat menang atau tidak menang tetap melanjutkan taman tepi sungai sebagai fungsinya aliran sungai,” ungkapnya.

Luwy menjelaskan, hasil itu adalah apresiasi. Bukan tujuan akhir sebagai juara. Partisipasi mereka memasuki tahun kedua dalam mengikuti ajang final Bogorku Bersih.

“Ini tahun kedua masuk final. Sebelumnya, 2021 meraih juara harapan satu. Bahkan, kami tidak menyangka bisa masuk 10 besar sampai 4 besar tahun 2022,” jelasnya.

Selain itu, ia menilai hasil itu memberikan semangat bagi warganya. Pasalnya, juara itu dianggapnya sebagai reward dari semua pihak.

Namun, ke depannya ia juga menargetkan bagaimana tepi sungai Ciliwung bisa lebih beraih dan menjadi lebih bermanfaat bagi warga.

“Kita sudah tanami pohon yang bermanfaat, terutama fungsi utama akar dan kedua hasilnya sampai sudah menjual pohon alpukat seharga Rp700 ribu yang akan dibelikan semen dan pasir,” cetusnya.

Dirinya berterima kasih atas apresiasi ke warga RT 05/06 dari Radar Bogor dan Pemkot serta warga tepi sungai. Dan semua yang digunakan barang bekas, kecuali semen dan pasir.

“Dan kami sudah mengalirkan dari kedepan ke taman menjadi air mancur, kolam air tawar buat ikan hias itu rencana kedepannya,” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan kedepan akan dijadikan rest area arung jeram dan itu sudah koordinasi dengan satgas, serta cukup sebagai usaha warga sekitar.

Baca Juga: Perumahan Kebun Raya, Juara I Bogorku Bersih Kategori Permukiman Teratur

“Intinya ini di luar dugaan dan kami merawat di pinggir sungai dengan niat dan semangat sampai diapresiasi oleh pemerintah setempat,” pungkasnya.

Untuk daftar pemenang lomba Kategori Permukiman Tepi Sungai, Juara 1 RT 05 RW 07 Tanah Sareal, Juara 2 diraih RT 02 RW 03 Sukasari, dan Juara 3 diraih RT 01 RW 10, Ciluar, Bogor Utara. (*)

Reporter: Jenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto