25 radar bogor

Cikal Bakal Lahirkan Adipura, Bogorku Bersih jadi Percontohan Daerah Lain

Bogorku Bersih
Acara puncak Bogorku Bersih 2022 yang berlangsung di Botani Square Mall, Selasa (22/11). (Radar Bogor/ Hendi Novian)

BOGOR-RADAR BOGOR, Bogorku Bersih menjadi salah satu kompetisi yang bermanfaat bagi masyarakat dalam menjaga lingkungannya. Terbukti, agenda tahunan antara Pemerintah Kota Bogor dan Radar Bogor itu kerap menjadi contoh bagi daerah lain.

Tak main-main, kompetisi antar lingkungan itu konsisten digelar selama tujuh tahun. Berbagai juara telah lahir dari program itu dan tak jarang melahirkan sejumlah kampung wisata di Kota Bogor. Bogorku Bersih menjadi salah satu langkah awal mencapai adipura yang selama ini diimpikan Kota Bogor.

Baca Juga: Anugrah Bogorku Bersih 2022, Ratusan Peserta Padati Atrium Mall Botani Square

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, Deni Wismanto menerangkan, Bogorku Bersih menjadi langkah awal untuk memperoleh adipura. Penilaiannya berlangsung sela setahun. Untuk itu, Deni menekankan bahwa hasil yang diperoleh bukan sesuatu yang instan.

“Kadang-kadang teman di kelurahan atau RW, berpikir kegiatan yang instan. Padahal ini kegiatan yang dimulai dari awal tahun,” tandasnya dalam acara Anugerah Pemenang Bogorku Bersih di Botani Square Mall, Selasa (22/11).

Ia melanjutkan, Radar Bogor sudah mulai melakukan seleksi sejak awal tahun bagi partisipan. Bulan dimulai dari Oktober silam.

“Biasanya kita lakukan secara diam-diam dan secara bertahap diseleksi untuk seluruh peserta. Nanti masuk 30 besar kisaran bulan Juli. Itu baru dihitung lagi. Oktober ini para juri baru turun langsung ikut menilai,” papar Deni.

Menurutnya, program Bogorku Bersih itu menjadi percontohan bagi daerah lain. Ia mengaku, banyak daerah yang datang untuk belajar ke Bogor. Terlebih, agenda kompetisi kebersihan antar RT itu bisa konsisten selama 7 tahun.

“Bogorku Bersih ini jadi cikal bakal lahirnya adipura di Kota Bogor. Ini juga sumbangsih para RT, RW, lurah, hingga camat bagaimana melakukan pembinaan bagi masyarakat. Kita bertanding baru secara kecamatan, insyallah ke depan kita juga bisa bertanding skala nasional,” optimisnya.

Untuk itu, ia berharap agenda tahunan itu tidak berhenti. Bogorku Bersih harus terus bergerak dan memperbaiki yang sudah ada. Peningkatan harus dilakukan setiap tahunnya. Termasuk, dalam hal pemilahan sampah yang menurutnya paling penting.

Baca Juga: 

Lantaran Kota Bogor tidak bisa hanya mengandalkan mengolah sampah dari TPA. Pengurangan sampah harua dimulai dari sumbernya, yakni rumah rangga maupun diri sendiri. Oleh karenanya, perlu partisipasi dari semua RT.

“Kegiatan ini (Bogorku Bersih) menjadi bagian ikhtiar terbaik untuk mewujudkan Kota Bogor menjadi bersih, indah, dan dibanggakan kita semua,” pungkasnya. (*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto