25 radar bogor

14 Rumah di Cisarua Terdampak Gempa Cianjur, Dua Hancur Lebur

Cisarua ambruk
Petugas bersama warga membersihkan puing-puing bangunan yang ambruk di Desa Cibeureum, Cisarua, usai terdampak gempa bumi Cianjur, Selasa (22/11). (Radar Bogor/ Arif Al Fajar)

CISARUA-RADAR BOGOR, Bencana gempa yang mengguncang Cianjur, Senin (21/11) kemarin berdampak terhadap daerah sekitarnya. Getarannya membuat belasan rumah di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor ikut rusak.

Baca Juga: Gempa Cianjur Rusak 9 Rumah Warga di Puncak Bogor

Camat Cisarua, Ivan Pramudya memaparkan, sebanyak 14 rumah yang terdampak gempa tersebut. Dua diantaranya rata dengan tanah.

“Yang parah dua rumah, yang 12 rumah lainya mengalami kerusakan pada di dinding. Mulai dari retak hingga roboh,” ujarnya saat ditemui Radar Bogor, Selasa (22/11)

Ivan sekaligus memimpin kerja bakti pembersihan puing rumah warga di Desa Cibeureum. Ia menambahkan, dua rumah yang rusak parah itu berada di Kampung Baru Tegal, Desa Cibeureum.

“Sisanya (yang rusak ringan) di Desa Tugu Utara, Desa Tugu Selatan, dan Desa Citeko,” lanjutnya lagi.

Sementara itu, Kasi trantib Kecamatan Cisarua Efendi menambahkan, warga yang terdampak saat ini sudah mengungsi.

“Yang rumahnya ambruk mengungsi di tempat saudaranya yang tidak jauh dari rumah mereka,” paparnnya.

Sementara itu Kepala Desa Tugu Utara Asep Ma’mun memaparkan, untuk rumah terdampak di desanya mayoritas rusak ringan. Hanya tembok yang mengalami retak.

Baca Juga: Camat Cisarua Minta Musrembang Tak Melulu Soal Infrastruktur

Kendati demikian, Asep mengimbau agar masyarakat tetap waspada. Karena hingga saat ini dikabarkan masih terjadi gempa susulan.(*)

Reporter: Arif Al Fajar
Editor: Imam Rahmanto