25 radar bogor

Gempa Bumi Cianjur Bersumber dari Sesar Cimandiri dan Lembang

Gempa Cianjur, rumah warga sukamakmur ambruk
Gempa Cianjur membuat rumah warga di sukamakmur ambruk. Satu orang jadi korban.

CIANJUR-RADAR BOGOR, Kabupaten Cianjur hingga Padalarang, merupakan salah satu jalur beberapa sesar yakni Cimandiri hingga Lembang.

Baca Juga: Forkopimda Cianjur Andalkan Tenda Darurat untuk Tangani Korban Gempa

Tercatat, beberapa kali gempa bumi dengan kekuatan rata-rata 5 magnitudo pernah tercatat Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Catatan itu sepanjang tahun 1844, 1910, 1912, 1968, 1982 dan terakhir kali tahun 2000.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengungkapkan, wilayah Sukabumi, Cianjur dan Bandung merupakan wilayah aktif dan kompleks sehingga sering terjadi gempa.

“Ini jadi jalur sesar yang dilewati. Kompleksitas tektonik ini memicu terjadinya gempa dangkal. Sehingga, ini menjadi wilayah rawan gempa. Tidak harus gempa besar untuk menimbulkan kerusakan,” jelasnya dikutip dari RBG.id.

Ia menambahkan, dalam catatan sejarah gempa di wilayah ini ada banyak catatan panjang di wilayah tersebut.

Baca Juga: Tanggapi Gempa Cianjur, Ridwan Kamil Pantau Korban dan Kondisi Lokasi

“Rawannya wilayah ini, penting untuk terus dilakukan identifikasi sumber gempa serta jalur sesar aktif. Perlu ada kajian bahaya dan kerawanan. Seperti adanya pemukiman di wilayah tersebut, sehingga perlu edukasi mitigasi dan evakuasi gempa,” pungkasnya. (RBG)

Editor: Imam Rahmanto