25 radar bogor

Geber Perbaikan Jalan KH Tb M Falak, 40 Tiang Pancang Mulai Dipasang

Jalan KH Tb M Falak
Pemasangan 40 sheet pile (tiang pancang) di lokasi longsor Jalan KH Tb M Falak tersebut, sejak Minggu (20/11/2022).

BOGOR – RADAR BOGOR, Pekerjaan perbaikan Jalan KH Tb M Falak, Kecamatan Bogor Barat yang longsor pada beberapa waktu lalu terus digeber.

Baca Juga : Akhirnya, Pekan Depan Jalan KH TB M Falak Mulai Diperbaiki!

Kini pelaksana proyek, tengah melakukan pemasangan 40 sheet pile (tiang pancang) di lokasi longsor Jalan KH Tb M Falak tersebut, sejak Minggu (20/11/2022).

Kepala Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Chusnul Rozaqi mengatakan, pemancangan sheet pile sudah mulai dilakukan, setelah hampir sepekan dilaksanakan perapihan jaringan utilitas.

“Pemancangan 40 sheet pile sudah dimulai. Insya Allah selesai pada 27 Desember 2022 untuk tahap pertama. Nanti Januari 2023, akan dimulai kembali pekerjaannya,” ujar Chusnul kepada wartawan, Senin (21/11/2022).

Menurut Chusnul, nyaris tidak ada kendala apapun dalam perbaikan Jalan TB Falak, hanya saja agak sedikit terganggu dengan perapihan utilitas saat itu.  “Tapi itu sudah selesai semua,” tegasnya.

Sementara itu, Penanggungjawab Proyek, Deni Rachmawan mengatakan, sebanyak 40 sheet pile yang dipancangkan bertujuan untuk menahan konstruksi jalan agar tidak kembali longsor.

“Sheet pile panjangnya 12 meter dengan lebar setengah meter. Ini pengerjaan majore, kalau tak ada hujan Insya Allah sepekan beres,” katanya.

Ia mengatakan, bahwa pemasangan sheet pile baru dilakukan lantaran pihaknya harus menunggu hasil uji laboratorium terhadap kondisi tanah.

Baca Juga : Perbaikan Jalan KH TB M Falak Ditargetkan Awal November

Selain itu, untuk menghindari tanah kembali longsor di Jalan KH Tb M Falak saat pelaksanaan pekerjaan, pihaknya memasang cerucuk bambu di area longsoran dan menutupi tanah dengan terpal untuk menghindari air hujan.

“Jadi 40 sheet pile akan dipasang dalam jarak 20 meter di sekitar area longsoran. Setelah itu selesai baru, kami fokus perapihan pekerjaan bawah,” tutupnya. (ysp)

Editor : Yosep