25 radar bogor

Cianjur Masih Berguncang, Gempa Susulan Terjadi 62 Kali

Gempa Cianjur
Gempa bumo yang sempat melanda Kabupaten Cianjur, Senin (21/11).

BOGOR-RADAR BOGOR, Gempa yang mengguncang Kabupaten Cianjur masih belum mereda. Dilaporkan, gempa susulan terjadi hingga 62 kali.

Baca Juga: Bantu Korban Gempa Cianjur, Radar Bogor Grup Melalui Gerakan Anak Negeri Buka Donasi

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat jumlah gempa susulan itu sejak Senin (21/11) siang. Warga diminta untuk tetap waspada dengan potensi gempa susulan.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono menyebutkan, gempa susulan itu terjadi 62 kali hingga pukul 19.00 WIB.

“Gempa susulan Cianjur sampai dengan pukul 19.00 WIB terjadi 62 kali gempa. Magnitudo terbesar M4.2 dan Magnitudo terkecil M1.5,” ungkapnya dikutip Radar Bogor melalui akun Twitternya @DaryonoBMKG.

Gempa susulan itu memang masih terus terjadi. Sebelumnya, gempa susulan yang terjadi mencapai 57 kali hingga pukul 18.30 WIB. Hanya berselang setengah jam, 5 gempa susulan kembali mengguncang Cianjur.

Daryono juga sebelumnya mengungkapkan, wilayah Sukabumi, Cianjur, dan Bandung merupakan wilayah aktif dan kompleks sehingga sering terjadi gempa.

“Ini jadi jalur sesar yang dilewati. Kompleksitas tektonik ini memicu terjadinya gempa dangkal. Sehingga, ini menjadi wilayah rawan gempa. Tidak harus gempa besar untuk menimbulkan kerusakan,” jelasnya.

Ia menambahkan, dalam catatan sejarah gempa di wilayah itu ada banyak catatan panjang di wilayah tersebut. BMKG mencatat gempa bumi dengan kekuatan rata-rata 5 magnitudo pernah terjadi sepanjang tahun 1844, 1910, 1912, 1968, 1982, dan terakhir kali tahun 2000.

Baca Juga: Gempa Bumi Cianjur Besumber dari Sesar Cimandiri dan Lembang

“Rawannya wilayah ini, penting untuk terus dilakukan identifikasi sumber gempa serta jalur sesar aktif. Perlu ada kajian bahaya dan kerawanan. Seperti adanya pemukiman di wilayah tersebut, sehingga perlu edukasi mitigasi dan evakuasi gempa,” pungkasnya. (mam)