25 radar bogor

Bogor Bakal Tanggap Darurat Bencana, Imbas Gempa Cianjur

Gempa Bumi Cianjur
Gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur merusak ratusan rumah, Senin (21/11).

CIBINONG-RADAR BOGOR, Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan meminta menaikkan status tanggap darurat bencana di wilayahnya. Itu menyusul berbagai dampak yang juga dirasakan Kabupaten Bogor akibat gempa bermagnitudo 5,6 yang terpusat di Kabupaten Cianjur.

Baca Juga: Gempa Bumi Cianjur Besumber dari Sesar Cimandiri dan Lembang

“Barusan saya berkoordinasi dengan pak Yani (BPBD), data dulu, inventarisasi bagaimana langkah-langkah selanjutnya dari BPBD, untuk pasca bencana ini. Ya, kami berharap statusnya bisa naik ke Tanggap Darurat supaya ada keleluasaan di dalam memberikan bantuan,” ucapnya, Senin (21/11).

Dari laporan sementara, ada sebanyak 32 rumah rusak di 5 kecamatan akibat peristiwa gempa di Cianjur itu. Semuanya berada pada garis wilayah yang sejajar dengan wilayah Cianjur.

“Ada yang sampai rata, di daerah Kampung Baru Tegal, Desa Cibereum, Cisarua. Itu mungkin kontur rumahnya yang rapuh atau bagaimana, kami belum cek,” tambah Iwan.

Nantinya, lanjut Iwan, jika ditetapkan status Tanggap Darurat, Pemda Kabupaten Bogor dapat dengan cepat melakukan penanganan. Mulai dari menyewakan rumah sementara bagi para korban, maupun membangun kembali rumah warga yang rusak berat.

Baca Juga: Rumah di Megamendung Rusak Terdampak Gempa Cianjur, Camat: Tak Ada Korban

“Insyaallah BTT (Belanja Tidak Terduga) cukup, bisa kalau 32 rumah, dan mungkin malam ini kita update informasi. Ini kam dampak beratnya di Cianjur. Mudah-mudahan di Bogor skalanya kecil,” tukasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto