25 radar bogor

Menyusul Bunga Bangkai, Suweg Tampak Mekar di Kebun Raya Bogor

Bunga bangkai
Bunga bangkai atau Suweg yang mekar di Kebun Raya Bogor sejak Sabtu (19/11) kemarin. (Radar Bogor/ Dede Supriadi)

BOGOR-RADAR BOGOR, Amorphophallus paeoniifolius atau Suweg baru saja mekar di Kebun Raya Bogor. Bunga yang masih kerabat dekat dengan Bunga Bangkai raksasa itu mekar di sekitar Rumah Kaca Anggrek.

Baca Juga: Tumbuh di Luar Habitatnya, Rafflesia Arnoldii Perdana Mekar di Kebun Raya Bogor

Hal itu dibenarkan GM Corporate Communication, Zaenal Arifin. Suweg merupakan tumbuhan anggota genus Amorphophallus dan kerap disamakan dengan iles-iles karena sama-sama menghasilkan umbi yang dapat dimakan dan terdapat kesamaan morfologi daun pada fase vegetatif.

“Hari Sabtu (kemarin) mekar sempurna,” tandas Zaenal, Minggu (20/11).

Secara umum, bunga bangkai merupakan tumbuhan dataran rendah dari daerah tropis dan lembab yang menyebar ke arah timur dari Afrika Barat hingga pulau-pulau di Samudera Pasifik. Namun, jenis ini tidak ditemukan di Amerika Serikat meskipun kerabatnya, Dracontium, tumbuh di sana.

“Jarang ditemukan di tanah kapur, bunga bangkai terkadang ditemukan di ladang yang ditinggalkan. Dari sekitar 25 spesies tumbuhan yang tumbuh di Indonesia, 18 diantaranya endemik: 8 terbatas di Sumatera, 5 di Jawa, 3 di Kalimantan, dan 1 endemik di Sulawesi,” paparnya.

Umbi dan bagian tanaman lainnya mengeluarkan getah yang gatal. Namun, ada jenis umbi-umbian yang bisa dimakan dengan beberapa pengolahan atau diolah lebih lanjut menjadi tepung untuk makanan seperti kue kering.

Baca Juga: Tingkatkan Edukasi Masyarakat, MNR Hadirkan Ragam Inovasi di 4 Kebun Raya

“Jenis bunga langka ini sangat indah bentuknya dan tumbuh diwaktu-waktu tertentu sehingga sayang momen ini dilewatkan,” pungkasnya.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto