Kota Bogor Dapat Emas Terbanyak di Cabor Beladiri Porprov 2022

Kota Bogor
Pengalungan medali kontingem Kota Bogor untuk atletnya yang memperoleh medali.

BOGOR-RADAR BOGOR, Kota Bogor belum menjadi juara umum dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat tahun 2022. Namun, Kota Bogor mendulang prestasi dengan perolehan emas terbanyak dalam cabang olahraga (cabor) bela diri.

Emas dari kelompok cabor bela diri itu disumbangkan lewat Judo sebanyak 9 emas, Sambo 2 emas, Kempo 4 emas, Kurash 4 emas, Taekwondo 6 emas, Pencak silat 3 emas, Tinju 1 emas, Wushu 4 emas, Tarung derajat 1 emas, dan Anggar 3 medali emas.

Baca Juga: Raih Hasil Positif di Porprov Jabar 2022, Tim Drum Band Kota Bogor Raih Lima Medali

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Barat, Ahmad Saefudin menjelaskan, Kota Bogor mendapatkan emas terbanyak dalam cabor bela diri, di atas Kabupaten Bekasi dan Kota Bandung.

“Ada dua kota yang hampir mengejar Kota Bandung yaitu Kota Bekasi dan Kota Bogor yang cukup signifikan di dalam peraihan medali emasnya,” kata Ahmad saat penutupan Porprov Jawa Barat di Alun-alun Kabupaten Ciamis, Sabtu (19/11) kemarin.

Ahmad membeberkan, hampir 90 persen para atlet merupakan atlet pendatang baru. Hal ini menunjukkan bahwa ada generasi penerus para atlet dari masing-masing daerah.

“Bahkan sudah ada atlet-atlet baru yang bisa mengalahkan atlet senior. Ini menandakan bahwa pembinaan keprestasian dilakukan oleh kepala daerah bersama ketua KONI kabupaten/kota sudah semakin baik,” ungkapnya.

Di kesempatan yang lain, Ketua Kontingen 2022 pada Porprov Jabar Tahun 2022, Dedie A Rachim juga sempat mengalungkan tiga medali emas langsung kepada tiga atlet cabor pencak silat di GOR Gotong Royong, Kabupaten Subang.

Tiga emas itu menjadi perolehan tambahan bagi Kota Bogor di cabor bela diri. Dengan prestasi itu, Dedie yakin Kota Bogor masih memiliki tugas untuk mempersiapkan atlet-atlet berprestasi ke depan. Tak hanya cabor bela diri, melainkan semua cabor.

Menurutnya, raihan hasil terakhir sebanyak 75 medali emas merupakan perjuangan maksimal yang bisa diberikan untuk masyarakat Kota Bogor di tengah berbagai dinamika di lapangan yang sangat luar biasa.

“Belajar dari kondisi tersebut, ke depan harus kita siapkan jenjang kompetisi yang komprehensif, memiliki strategi menyiapkan atlet dan cabang olahraga unggulan yang memiliki potensi mendulang medali melalui sport science dan sport intelligence yang akurat dan terukur,” ungkapnya.

Baca Juga: Raih Hasil Gemilang di Porprov Jabar, FAJI Kota Bogor Tatap Kejurnas di Jawa Timur

Sebagai ketua kontingen, Dedie mengucapkan terima kasih dan apresiasi untuk seluruh kontingen Kota Bogor yang terdiri dari atlet, official, pengurus cabang olahraga, crew pendukung dan KONI yang sudah maksimal berjuang mempertahankan posisi 5 besar Porprov Jabar XIV 2022.

“Termasuk apresiasi dan terima kasih untuk para pelatih dan wasit. Di samping itu, kita harus juga mempersiapkan sarana dan prasarana untuk menunjang persiapan Porprov Jabar XV di Kota Bogor tahun 2026 agar sukses prestasi dan sukses penyelenggaraannya,” katanya. (*)

Editor: Imam Rahmanto

Berita Lainnya