SMAN 1 Dramaga Kunjungi Radar Bogor, Belajar Membentuk Narasi yang Keren

SMAN 1 Dramaga
SMAN 1 Dramaga mengunjungi gedung Graha Pena Radar Bogor, Jumat (18/11). (Radar Bogor/ Rivaldi)

BOGOR-RADAR BOGOR, Puluhan pelajar dari SMAN 1 Dramaga mengunjungi gedung Graha Pena, Jumat (18/11). Mereka menelisik kerja-kerja media dari dalam kantor Radar Bogor secara langsung.

Baca Juga: Kenali Dunia Jurnalis, Ajak Siswa SMAN 1 Megamendung Lebih Kritis

Kunjungan tersebut masih menjadi rangkaian Open House yang digelar Radar Bogor memperingati HUT ke-24. Sekira 30 pelajar dari putih abu-abu itu berkesempatan untuk menimba ilmu jurnalistik dari beberapa kru redaksi.

Para pelajar itu tak hanya berbagi wawasan mengenai media cetak. Melainkan kerja media yang juga sudah bertransformasi digital, mencakup media online dan media sosial.

Oleh karenanya, mereka dibawa langsung untuk melihat-lihat ruang redaksi, studio, hingga pusat penjualan online salah satu anak grup Radar Bogor.

Pembina Sinematografi, Dodi Dharmanto membawa anak didiknya dari ekstrakurikuler Sinema dan Karya Ilmiah Remaja (KIR). Menurutnya, kunjungan ke Radar Bogor menjadi salah satu cara untuk mendongkrak minat dan motivasi para siswa untuk terus berkarya dalam ekskul tersebut.

“Saya mau teman-teman sinema ini belajar. Karena selama kni kelemahan kita dalam hal pembutan narasi. Memang kemahannya di situ. Dengan kegiatan ini, semoga teman-teman bisa nambah ilmu dan melek cara bikin narasi,” terangnya di sela-sela berkeliling Gedung Graha Pena.

Ia juga melihat dalam hal pemberitaan dan media sosial, para pelajar juga bisa menutupi kekurangannya. Kunjungan itu juga bisa menambah motivasi pelajar SMAN 1 Dramaga di dunia media. Termasuk, keseruannya di dunia jurnalistik.

“Artinya ada gambaran. Kalau teoritis kan membosankan ya. Dengan adanya praktik begini, akan kebayang nanti bagaimana,” tutur lelaki yang juga guru mata pelajaran TIK ini.

Baca Juga: Kenali Dunia Jurnalis, Ajak Siswa SMAN 1 Megamendung Lebih Kritis

Beberapa film produksi ekskul dari SMAN 1 Dramaga telah meraih prestasi. Salah satunya, tim mereka menjadi artis terbaik dalam ajang Indiefest Universitas Pakuan (Unpak). Tak heran, ekskul itu terus menjaring sejumlah peminat dari beberapa kelas untuk berkolaborasi dan berkreasi. (mam)

Editor: Imam Rahmanto

 

Berita Lainnya