25 radar bogor

5 Rekomendasi Wisata Curug yang Indah di Bogor

Ilustrasi wisata curug di Bogor
Ilustrasi wisata curug di Bogor

BOGOR tak hanya terkenal dengan kulinernya, air tejun atau dalam Bahasa Sunda disebut curug juga banyak di Bogor. Dari yang kecil hingga yang berukuran sedang. Kamu pun bisa mengunjunginya sambil menikmati keindahan alam di sekitarnya. Berikut 5 rekomendasi wisata curug yang indah di Bogor.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Bakso Enak di Bogor yang Wajib Dicoba

1. Curug Cibulao

Curug Cibulao berasal dari bahasa sunda, Curug Artinya Air Terjun, Ci artinya air dan Bulao berarti Biru. Berdasarkan hal tersebut, Curug Cibulao mengandung makna Air Terjun yang memiliki air berwarna biru.

Hal tersebut memang benar adanya, kolam penampungan alami Curug Cibulao yang berwarna biru dan sangat jernih. Kamu bahkan bisa melihat kedasar kolamnya, namun hati-hati kolamnya sangat dalam jadi selalu gunakan jaket pelampungnya.

Curug Cibulao memiliki dua tingkatan curug dan memiliki dua kolam penampungan. Ketinggian curugnya tidak seberapa, namun air yang dialirkannya sangat jernih dan juga bersih. Karena merupakan sumber mata air dari beberapa air terjun yang ada, seperti Curug Panjang dan Curug Orok.

Kedalaman kolam Curug Cibulao pun berbeda, kolam yang diatas memiliki kedalaman sekitar 5 meter sedangkan yang area bawah mencapai 8 meter.

Untuk mencapai Curug Cibulao bagian atas kamu harus menapaki bebatuan dekat aliran air Curug Cibulao bagian bawah. Dengan berpegangan pada seutas tali yang melintang di pinggir kolam.

Curug Cibulao bagian atas dikelilingi oleh tebing batu yang cukup tinggi, kolamnya pun tak terlalu lebar. Namun, ketika berada disana kamu seperti berada di kolam pemandian alami pribadi. Tidak ada yang menganggu, hanya ada kamu dan alam.

Lokasi Curug Cibulao berada di kaki Gunung Hambalang Barat. Alamat lengkapnya terletak di Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Bogor, Jawa Barat. 16770

Rute menuju Curug Cibulao yakni dengan mengarahkan kendaraanmu menuju puncak, kamu bisa melalui jalur  Tol Jagorawi ataupun via Curug Panjang. dari Jl. Raya Puncak, belok kiri menuju Desa Cilember kemudian belok kiri menuju ke Jl. Pesantren.

Harga Tiket Masuk Curug Cibulao

  • Tiket Masuk Domestik Rp15.000
  • Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara  Rp50.000
  • Tiket Masuk Camping Domestik  Rp35.000
  • Tiket Masuk Camping Wisatawan Mancanegara Rp100.000
  • Tiket Parkir Mobil Rp10.000
  • Tiket Parkir Motor Rp5.000

2. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo merupakan air terjun yang berada di wilayah Sentul Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Nama Leuwi Hejo konon karena saat terkena sinar matahari pancaran airnya berwarna hijau. Keunikan wisata ini adalah suasana alamnya, tantangan medan serta keindahan air jernih menghijau.

Wisata ini semakin populer di kalangan wisatawan sejak awal tahun 2015. Curug ini berada di Kawasan Hutan RPH Babakan Madang BKPH Bogor. Pengelolaannya oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan Wana Sejahtera, Desa Karang Tengah.

Wisatawan yang datang ke air terjun ini perlu membayar tiket masuk yang cukup murah. Harga tiket curug berlaku sama baik untuk hari biasa maupun akhir pekan.

Beberapa catatan dari pengunjung yang pernah ke air terjun ini, wisatawan agar berhati-hati karena banyaknya pungutan liar di sekitar area curug. Air Terjun ini berada di Cibadak, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16830.

Harga Tiket Masuk Curug Leuwi Hejo

  • Tiket Masuk Gerbang Pertama Rp25.000
  • Tiket Masuk Curug Rp25.000

3. Curug Cikuluwung

Terdapat satu lagi curug yang sedang hits di media sosial yang terletak di Kabupaten Bogor, nama Curug tersebut adalah Curug Cikuluwung. Curug Cikuluwung terkenal karena keindahan alamnya, kejernihan airnya, serta diapit oleh bebatuan besar atau tebing yang kian mempercantik hamparan pesona Curug Cikuluwung.

Tidak sedikit orang yang mengistilahkan Curug Cikuluwung sebagai Little Green Canyon karena keindahan tebing yang mengapit air terjun tersebut. Curug Cikuluwung terbagi menjadi dua lokasi dengan panorama alam dan ragam aktivitas yang berbeda. Namun mempunyai kesamaan, yaitu sama-sama mempesona.

Little Green Canyon sebetulnya ditujukan untuk pesona keindahan yang ada di Curug Cikuluwung 1. Terdapat tebing berbentuk bantuan yang mengapit curug dengan air yang kebiru-biruan. Lokasi di sini memiliki aturan khusus, yaitu pengunjung per sesinya dibatasi hanya 30 orang saja dengan sistem buka tutup track.

Saat pengunjung berjubel menuju ke lokasi Curug Cikuluwung 1, maka terkadang para wisatawan tidak kebagian jadwal untuk menikmati Cikuluwung 1. Ditambah waktunya yang dibatasi. Namun jangan kecewa, kalian bisa mengunjungi Curug Cikuluwung 2 dengan pesona keindahan yang sama.

Bedanya tidak ada tebing tinggi saja. Tetapi ada kelebihan di Curug Cikuluwung 2, yaitu terdapat goa di atas air terjunnya. Dan jika ingin berkunjung ke lokasi ini baiknya jangan di musim hujan, karena airnya sedikit keruh.

Lokasi dan alamat Curug Cikuluwung berada di Kampung Suka Asih Desa Cibitung Wetan Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat – Indonesia.

  • Tiket Masuk Curug Cikuluwung 1    : Rp. 20.000 per orang
  • Tiket Masuk Curug Cikuluwung 2   : Rp. 10.000 per orang
  • Parkir Motor                                        : Rp. 5.000 per unit
  • Parkir Mobil                                        : Rp. 10.000 per unit
  • Sewa Ban Pelampung                        : Rp. 35.000

4. Curug Ciampea

Curug Ciampea Bogor, adalah salah – satu pesona alam yang berada di kaki Gunung Salak. Sebagai sebuah penegasan bahwa kawasan tersebut memiliki kandungan air yang melimpah, serta pesona alam air terjun yang banyak, dan layak untuk dikunjungi.

Kata curug, memiliki arti yang sama dengan air terjun. Dan Curug Ciampea Bogor memiliki ketinggian sekita 50 meter. Kolam utamanya cukup besar, serta kolam Curug Ciampea terkenal sangat jernih, dan lokasi yang nyaman untuk melakukan aktivitas berenang, ataupun mandi.

Di Curug Ciampea terdapat lokasi yang bernama Green Lagoon. Sebuah spot dengan mini air terjun, kolamnya juga tidak terlalu lebar, namun memiliki kedalaman yang cocok untuk melakukan aktivitas Cliffjumping. Namun, tetap saja saat puncak musim penghujan tiba, debit airnya akan cukup tinggi. Dengan demikian, kewaspadaan harus tetap ada dari para pengunjung.

Lokasi Curug Ciampea Bogor berada di kaki Gunung Salak. Alamat Curug Ciampea Bogor berada di Tapos I, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Harga tiket masuk Curug Ciampea terbaru adalah Rp. 22.000 per orang.

5. Curug Ciputri

Curug Ciputri merupakan wisata air terjun yang berlokasi tidak jauh dari kota Bogor. Air terjun ini cukup terkenal dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Terutama pada hari libur atau musim liburan tiba. Curug ini masih berada di kaki Gunung Salak.

Tempat wisatanya masih alami, airnya segar. Mudah dijangkau, sangat ideal untuk wisata keluarga dan wisata edukasi. Pengunjung dapat dengan leluasa main di areal wisata ini, karena disini tidak hanya terdapat satu curug saja, tapi banyak spot curug dengan berbagai jarak tempuh yang dapat disambangi.

Untuk masuk ke lokasi wisata ini tiketnya cukup terjangkau, namun jika pengunjung ingin kemping akan dikenakan tarif lagi.

  • Tiket Masuk Curug Weekday Rp20.000
  • Tiket Masuk Curug Weekend Rp30.000
  • Tiket Masuk Camping Weekday Rp65.000
  • Tiket Masuk Camping Weekend  Rp65.000

(*)

Editor : Yosep