25 radar bogor

Unida Wisuda 464 Mahasiswa, Torehkan Berbagai Prestasi

Wisuda Unida
Wisuda Unibersitas Djuanda (Unida) Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Universitas Djuanda (Unida) Bogor menyelenggarakan Wisuda Ke-46 Program Sarjana dan Pascasarjana semester ganjil tahun 2022/2023 di Braja Mustika Hotel and Convention Center, Kamis (17/11).

Sebanyak 464 mahasiswa diwisuda pada momen ini. Capaian IPK tertinggi untuk S1 yakni 3,97 dan IPK tertinggi untuk S2 adalah 3.91. Masa studi S1 tercepat ditempuh dalam waktu 3 tahun 9 bulan dan masa studi S2 tercepat ditempuh dalam waktu 2 tahun 2 bulan.

Baca Juga: Tim KKN Fakultas Hukum Unida Adakan Seminar Hukum Agraria Sekaligus MoU dengan Desa Megamendung

Rektor Universitas Djuanda, Prof Suhaidi menyampaikan, sudah banyak capaian prestasi Unida Bogor di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, dan kemahasiswaan.

Hingga kini, jumlah dosen tetap Unida sebanyak 227 orang. Rasio jumlah mahasiswa terhadap dosen dianggap sudah sangat memadai.

“Penyelenggaraan pendidikan di Unida telah memenuhi standar pembelajaran daring, kelengkapan pelaporan PDDIKTI, dan jumlah prodi melaksanakan MBKM seluruhnya telah mencapai 100 persen,” tegasnya dalam sambutan wisuda yang diterima Radar Bogor.

Ia menambahkan, jumlah mahasiswa yang telah mengikuti MBKM sebanyak 1121 orang. Kinerja kemahasiswaan Unida juga berada pada peringkat ke-66 dalam sistem pemeringkatan mahasiswa nasional dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

“Dalam 4 tahun, Unida memperoleh 13 prestasi tingkat internasional, 189 prestasi tingkat nasional, dan 27 prestasi tingkat provinsi. Mahasiswa S1 yang meraih prestasi di tingkat nasional adalah 2,8 persen dari seluruh mahasiswa pada tahun 2022. Jumlah mahasiswa peraih beasiswa tahun 2022 ada 670 orang,” papar Suhaidi lagi.

Pihaknya juga terus berupaya secara nyata dalam meningkatkan akreditasi menuju Unida unggul 2026. Upaya-upaya itu telah diselenggarakan oleh rektor, Badan Penjaminan Mutu dan Pengembangan Institusi, seluruh dekan, Kaprodi dan didukung penuh YPSPIAI.

Baca Juga: FH Unida Adakan Pelatihan Contract Drafting, Siapkan Lulusan Profesional dan Kompeten

Ada mahasiswa asing yang juga sudah lulus dan sedang kuliah di Unida. Yang telah lulus berjumlah tujuh orang, terdiri dari 1 orang dari Korea Selatan di FISIPKOM dan 6 orang dari Thailand di Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru, dan hari ini 1 mahasiswa asal Malaysia pada Fakultas Pertanian Program Studi Akuakultur,” tandasnya.

Ia juga menambahkan, capaian jumlah mahasisawa baru pada Tahun Akademik 2022/2023 sebanyak 1167 mahasiswa yang tersebar di berbagai fakultas. Beberapa program beasiswa ikut ditawarkan bagi mahasiswa dalam rangka menyelesaikan studi di Unida.(*/ysp)

Editor: Imam Rahmanto