Kenali Dunia Jurnalis, Ajak Siswa SMAN 1 Megamendung Lebih Kritis

kunjungan radar
Pelajar dari SMAN 1 Megamendung menyambangi gedung Graha Pena Radar Bogor, Rabu (16/11).

BOGOR-RADAR BOGOR, Puluhan anak didik SMAN 1 Megamendung mendapat giliran mengunjungi kantor Graha Pena Radar Bogor, Rabu (16/11). Berkesempatan mengikuti Open House, mereka merupakan anak-anak yang terlibat dalam ekstrakurikuler literasi.

Baca Juga: MAN 1 Kunjungi Radar Bogor, Berharap Bisa Kembangkan Wawasan Jurnalistik

Para pelajar berkesempatan berdiskusi mengenai proses pembuatan berita hingga diterbitkan, baik media cetak maupun online Radar Bogor. Dalam kesempatan tersebut, Redaktur Radar Bogor Rany Puspitasari menjelaskan, program Open House sejalan dengan program literasi yang ada di sekolah-sekolah.

“Sama-sama meningkatkan minat baca dan menulis. Tidak hanya anak, tapi juga guru dan semua warga sekolah,” jelasnya.

Hal itu juga yang diharapkan SMAN 1 Megamendung dari kunjungan mereka kali ini. Koordinator eskul literasi SMAN 1 Megamendung, Asri Restu Gumanti pun mengatakan, kunjungan mereka bertujuan meningkatkan minat anak berliterasi.

“Mereka juga jadi mengetahui bagaimana mem-filter berita, mana yang benar, mana yang hoaks, bagaimana cara mendapatkan sebuah berita, tulisan yang layak tayang di media,” bebernya.

Asri juga berharap, anak didiknya lebih kritis ke depannya.

Setelah diskusi, mereka diajak mengunjungi tiap-tiap ruang redaksi di gedung di kawasan Yasmin itu. Mereka bisa melihat studio Radar Bogor Creative Center, studio Metropolitan dan Pojok Satu, dua anak media Radar Bogor.

Sementara itu, Ketua OSIS SMAN 1 Megamendung, Raihan Argana merasa senang atas kunjungan tersebut.

Baca Juga: SMP Al Mustarih Keliling Radar Bogor, Tumbuhkan Minat Remaja jadi Wartawan

“Akhirnya tahu, tidak hanya melihat hasil, tapi kami jadi tahu dan melihat proses pembuatan koran dan berita online, atau di medsos,” katanya. (ran)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Radar Bogor (@radar_bogor)

Editor: Imam Rahmanto

Berita Lainnya