25 radar bogor

Dosen UBSI Bantu Pelaku UMKM Mahir Bikin Surat Bisnis Berbahasa Inggris

Dosen UBSI bersama para pelaku UMKM usai acara foto bersama. (IST)

BOGOR-RADAR BOGOR, Dosen dan Mahasiswa Fakultas Komunikasi Dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) menyelenggarakan Program Pengabdian Masyarakat (PPM), dengan tajuk  Mengenai Keterampilan Membuat Surat Bisnis menggunakan Bahasa Inggris.

PPM ini diselenggarakan di Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (KUKM Dagin) Kota Bogor.

Baca Juga :  dosen FKB UBSI Latih Kemampuan Bahasa Inggris Karyawan Bank MNC

Kegiatan ini melibatkan 30 pelaku usaha mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kota Bogor dan Pegawai KUKM Dagin.

Para peserta mendapatkan pelatihan selama sehari dan  diharapkan bisa membantu untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris khususnya dalam hal membuat surat bisnis.

Bentuk luaran yang dihasilkan dari pengabdian masyarakat bagi UMKM dan Pegawai KUMKM Dagin kota Bogor ini berupa publikasi pada media elektronik  sehingga pengabdian masyarakat ini dapat disosialisasikan kepada masyarakat luas.

Baca Juga : Pelatihan Strategi Marketing UBSI Bogor, Upload Foto Menarik Penjualan Jadi Naik

“Kegiatan ini merupakan bukti komitmen Fakultas Komunikasi Dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika, menyebarkan dan menguatkan jejaring di tengah masyarakat,” ungkap Ketua Pelaksana PPM, Sufi Alawiyah, belum lama ini.

Mengingat para peserta sudah memiliki kemampuan dasar bahasa inggris, maka metode pembelajarannya menggunakan materi yang sederhana dan disampaikan dengan cara  yang menyenangkan dan komunikatif.

“Metode pengajaran yang digunakan meliputi penyampaian materi dan tanya jawab. Berbagi pengalaman dan pemecahan masalah yang dihadapi oleh peserta. Termasuk di dalamnya ada praktek membuat surat bisnis (short role play) secara terbatas,” kata Sufi.

“Pelatihan menulis ini diharapkan semakin menambah jaringan para dosen dan mahasiswa UBSI dengan para pelaku UMKM di Kota Bogor,” tambah Sufi.

Sufi menambahkan, kegiatan menulis surat bisnis sebenarnya sudah  biasa dilakukan oleh para peserta (pelaku UMKM).  Karena pasti tiap hari sudah melakukannya. Tantangannya adalah bagaimana menerapkan surat itu lewat bahasa inggris.

Selain Sufi, dosen yang mengikut pengabdian ini antara lain Euis Meinawati, Herlin Widasiwi, Elpa Hermawan dan dua mahasiswa yaitu Bian Nur Solichin serta Butri Grinita.

Sementara Kepala KUKM Dagin Kota Bogor, Ganjar Gunawan sangat mendukung kegiatan pengabdian masyarakat yang digelar oleh para dosen Fakultas Komunikasi Dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika.

“Saya melihat para peserta sangat antusias dan menikmati kegiatan ini. Harapannya bisa membantu untuk UMKM di Kota Bogor supaya lebih berani mempromosikan sekaligus membuka pasar ke luar negeri,” katanya.

Dalam sambutannya, Ganjar  juga memberikan tips kepada peserta untuk cepat meningkatkan kemampuan menulis surat bisnis  berbahasa inggris ini. “Yakinkan pada diri sendiri bahwa kebutuhan menulis bahasa inggris itu penting sekali, berlatih menulis langsung berbagai surat  bisnis, membaca literatur dan contoh dokumentasi profesional,” ujarnya. (rur)

 

Editor : Ruri Ariatullah