25 radar bogor

MAN 1 Kunjungi Radar Bogor, Berharap Bisa Kembangkan Wawasan Jurnalistik

Open house
MAN 1 Bogor kunjungi Graha Pena Radar Bogor, Selasa (15/1).

BOGOR-RADAR BOGOR, Mempelajari dunia jurnalistik secara langsung sepertinya lebih mengasyikkan dibandingkan sekadar teorinya semata. Itu pula yang coba diberikan Radar Bogor di ulang tahunnya yang ke-24 tahun ini.

Salah satunya melalui Giat Open House Radar Bogor. Giat Open House Radar Bogor ini mengundang sekolah-sekolah yang sudah lama bekerja sama.

Pekan ini, jenjang SMA atau MA mendapat giliran bertamu ke Graha Pena. Pada Selasa (15/11), MAN 1 Kabupaten Bogor mendapat giliran pertama.

Baca Juga: SMP Al Mustarih Keliling Radar Bogor, Tumbuhkan Minat Remaja jadi Wartawan

Didampingi dua wakaseknya, 20 siswa yang menjadi bagian dari tim jurnalistik sekolah tersebut berkunjung dan mendapat wawasan tentang dunia jurnalistik. Mulai cetak, online hingga medsosnya.

Wakasek Humas MAN 1 Kabupaten Bogor Nahlah sangat menyambut baik dengan undangan yang diberikan Radar Bogor.

“Bagaimanapun, kegiatan ini sangat bermanfaat karena bisa membekali anak-anak dengan dunia jurnalistik dan digitalisasi,” ujarnya.

Menurutnya, ketika diberikan kesempatan untuk berkunjung, pihak sekolah sangat antusias. Namun, karena dibatasi mereka hanya mengirim perwakilannya saja agar sebagian siswa lainnya masih bisa tetap melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Intinya, lanjut Nahlah, pihak sekolah terutama kepsek sangat mengapresiasi dengan Giat Open House yang diadakan Radar Bogor.

“Kami berharap, kegiatan ini tidak berhenti di sini tapi bisa berlanjut ke depannya, sehingga adik-adik kelasnya juga menjadi bagian berikutnya yang bisa mempelajari ini semua,” tambahnya.

Nahlah juga berharap, para siswa bisa memanfaatkan ilmu jurnalistik sebaik mungkin, bisa diaplikasikan di sosial media yang dikembangkan sekolah atau madrasah. “Bisa dikembangkan di madrasah, begitupun di lingkungan mereka sesuai soft skill yang dimiliki,” tegasnya.

Baca Juga: Selami Dunia Jurnalistik, SMP IT At Taufiq Sambangi Radar Bogor

Selain mendapat penjelasan tentang materi jurnalistik dan menyaksikan video proses mendapat dan membuat berita, para siswa juga mendapat penjelasan tentang media online dan medsos yang kini dirambah Radar Bogor. Seperti Instagram, Facebook, TikTok, YouTube dan jejaring sosial lainnya.

Terakhir, para siswa diajak berkeliling melihat ruang redaksi, Radar Bogor Creative Center, ruang kreativitas anak perusahaan Radar Bogor dan foto-foto dari hasil pameran fotografi “Radar Bogor Bicara Bogor”, yang sebelumnya digelar di Botani Square.(pin)

Editor: Imam Rahmanto