25 radar bogor

Dosen FEB UIKA Turun Kampung, Puluhan UMKM Diajari Kelola Keuangan

UIKA
Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Program Studi Akuntansi UIKA Bogor melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dengan memberikan edukasi dan pendampingan pembukuan secara sederhana dan digital.

BOGOR-RADAR BOGOR, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Program Studi Akuntansi UIKA Bogor melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dengan memberikan edukasi dan pendampingan pembukuan secara sederhana dan digital.

Baca Juga : Sukses Gelar International Conference, UIKA Hadirkan Pembicara dari 5 Negara Dunia

Adapun kegiatan yang melibatkan 30 UMKM juara Kabupaten Bogor di bawah binaan KSPPS Al-Hijrah itu berlangsung di Saung Otong, Sentul, Kabupaten Bogor, baru-baru ini.

Salah satu dosen UIKA yang terlibat Indupurnahayu mengatakan, kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara Forum Dosen (Fordos) Perguruan Tinggi IAI-KAPd Wilayah DKI Jakarta, UMKM juara Kabupaten Bogor, serta bersama 12 universitas lainnya dengan Program Studi Akuntansi FEB UIKA Bogor bertindak sebagai tuan rumah.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat tersebut mengambil tema Mewujudkan Daya Saing UMKM di Era Digital untuk meningkatkan kinerja UMKM Juara Kabupaten Bogor. “Kegiatan PKM tersebut melibatkan 5 mahasiswa S1 Program Studi Akuntansi,” kata Indupurnahayu.

Dalam kesempatan tersebut, masing-masing dosen menyampaikan materi yang berkaitan dengan pembukuan sederhana, penentuan harga pokok produksi dan break even point, termasuk pengetahuan pajak dan pemasaran digital. “Kami berikan juga edukasi pemasaran digital untuk maksimalisasi laba UMKM,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Fordos IAI-KAPd Wilayah DKI Jakarta, Wiwi Idawatimenjelaskan, pelatihan ini diadakan untuk membantu para pelaku UMKM agar tidak hanya dapat membuat produk, tetapi dapat pula menghitung secara presisi mengenai keuangannya. Pelaku usaha harusnya melakukan perhitungan dulu baru berbisnis, bukan sebaliknya.

Ia juga menerangkan bahwa para pelaku UMKM kerap kali belum bisa membedakan mana keuangan pribadi mana keuangan untuk usahanya, sehingga belum bisa mengelola permodalan sedemikian rupa.

Oleh karenanya, melalui kegiatan ini, para pelaku UKM akan diajarkan bagaimana mencatat semua transaksi sehingga transaksi itu bisa memberikan informasi keuangan.

Baca Juga : Selamat! Mahasiswi Prodi PAI FAI UIKA Terpilih Jadi Mojang Kabupaten Bogor 2022

Ditempat yang sama, Ketua KSPPS Al-Hijrah Melly Supiyati mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para dosen yang telah mengadakan pengabdian masyarakat yang dirasa sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM.

Dirinya berharap kegiatan semacam ini dapat terus terlaksana dan kepada peserta, ia menghimbau untuk aktif bertanya terutama terhadap persoalan yang sering ditemui di lapangan. “Kami sangat terbantu dan semoga niat baik ini akan terus terlaksana,” tukasnya. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep