Upacara Gelar Senja, Kwartir Ranting Bogor Tengah Unjuk Gigi di Balai Kota

Kwartir
Penampilan Kwartir Ranting Bogor Tengah yang unjuk gigi mempersembahkan berbagai pertunjukkan pada Upacara Gelar Senja memperingati Hari Pahlawan Tingkat di Balai Kota Bogor, Kamis (10/11/2022).

BOGOR-RADAR BOGOR, Upacara Gelar Senja memperingati Hari Pahlawan di Balai Kota Bogor, Kamis (10/11/2022) berlangsung semarak. Salah satunya berkat penampilan Kwartir Ranting Bogor Tengah yang unjuk gigi mempersembahkan berbagai pertunjukkan.

Baca Juga : Hari Pahlawan, SIM Gratis Di Polres Bogor

Dengan luwes dan kompak para muda mudi Kwartir Ranting Bogor Tengah membawakan tari tradisional dari daerah Aceh yakni Tari Saman. Kearifan budaya Indonesia ditampilkan para peserta lewat aksesoris yang mereka gunakan di kepalanya.

Tak berhenti di situ peserta lain yang berusia lebih muda tampil percaya diri membunyikan alat musik yang dipakainya dalam penampilan drumband. Meski berpostur kecil para peserta nampak terampil membawakan lagu-lagu yang sudah rutin dilatihnya.

Berbagai penampilan lain seperti baris berbaris dan membaca puisi juga turut meramaikan Upacara Gelar Senja itu.

Andalan Bina Muda Kwarcab Pramuka Kota Bogor, Nina Fatmiwanti mengatakan, gelar senja ini sebetulnya selalu rutin digelar satu kali dalam sebulan pada tanggal 17.

Namun karena di Bulan November ini bertepatan dengan Peringatan Hari Pahlawan maka gelaran ini diselenggarakan lebih aqal dari jadwalnya.

Upacara Gelar Senja diusung tak lain untuk menumbuhkan rasa patriotisme dan kebangsaan bagi anak-anak Pramuka melalui upacara. Gelaran ini juga menjadi wadah kreasi dan bakat terpendam mereka di bidang seni dan pertunjukan

“Jadi ini juga sebagai wadah untuk kreasi. Dengan Pramuka kita bisa mengekspresikan dan membangun karakter diri anak-anak untuk jadi anak-anak terbaik,” katanya.

Penpilan yang dipertontonkan itu pun disambut antusias dan mendapatkan apresiasi. Salah satunya dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah. Ia berterima kasih atas usaha keras dan penampilan yang dibawakan dengan apik oleh para anggota Kwartir Ranting Bogor Tengah.

Menurut Syarifah, hari pahlawan memiliki makna tersendiri bagi rakyat Indonesia. Selain mengenang perjuangan para pahlawan yang telah berkorban dan berjuang tanpa putus asa.

Baca Juga : Kenang Jasa Pahlawan, Forkopimda Kota Bogor Ziarah ke TMP Dreded

Masyarakat juga mempunyai kewajiban untuk melestarikan jiwa kepahlawanan dan patriotisme. Dua hal tersebut juga menjadi kewajiban bagi anak-anak Pramuka sebab tersurat dalam Dasa Dharma Pramuka dan Tri Satya.

“Terima kasih kepada anggota pramuka yang selalu ada di setiap kegiatan dan program Pemkot Bogor, terkhusus di saat Pandemi Covid-19, Pramuka selalu menolong masyarakat dan selalu peduli dengan lingkungan,” tuturnya menutup. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep

Berita Lainnya