Sudah Ada 48 Kasus Varian XBB di Indonesia, Ini Daerah Penyebarannya

Ilustrasi Varian XBB
Ilustrasi Varian XBB

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kasus Covid-19 di tanah air kembali meningkat pada Kamis (10/11/2022). Peningkatan kasus Covid-19 dipicu munculnya varian XBB yang lebih menular. Sejauh ini sudah ada 48 kasus varian XBB ditemukan di Indonesia.

Baca Juga : Kenali Gejala Terpapar Varian XBB Pada Tubuh, Transmisinya Sangat Cepat

”Tercatat sejauh ini sudah ada 48 kasus varian XBB per Kamis (10/11/2022),” tegas Juru Bicara Kemenkes Mohammas Syahril, Kamis (10/11/2022).

Selain itu, menurut dia, ada 3 varian baru yang mendominasi di Indonesia. Ketiganya adalah XBB, BA.2.75, dan BQ.1. ”Kenaikan mulai terjadi pada Oktober 2022 di 10 provinsi. Di antaranya Bali, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur,” kata Syahril.

Dia mengatakan, Indonesia belum bisa dikatakan aman dari pandemi Covid-19. Sebab, mutasi varian baru masih berpotensi terus terjadi. ”Varian XBB lebih cepat menular. Kita harus waspada dan selalu proteksi diri,” ujar Syahril.

Masyarakat diminta tetap mengedepankan protokol kesehatan seperti menggunakan masker baik di dalam maupun di luar ruangan, menghindari kerumunan dan mencuci tangan pakai masker, dan melakukan tes apabila mengalami tanda dan gejala Covid-19. Selain itu, dia menambahkan, menyegerakan vaksinasi booster Covid-19 untuk meningkatkan proteksi terhadap Covid-19.

”Disiplin memakai masker, tujuan kita tidak hanya melindungi diri sendiri tetapi juga orang lain di sekitar kita. Segera juga lakukan booster, untuk mengurangi kesakitan dan kematian akibat Covid-19,” tutur Syahril. (jpg)

Editor : Yosep

Berita Lainnya