Daftar Stadion Piala Dunia 2022 Qatar, Desain Hingga Kapasitas

Piala Dunia 2022 Qatar
Salah satu venue pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar.

QATAR-RADAR BOGOR, Pesta sepak bola terbesar sejagat Piala Dunia 2022 segera bergulir. Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 yang kickoff pada 20 November sampai 18 Desember nanti.  Ada 32 tim yang berjibaku dalam pertandingan di 8 stadion dan 5 kota. Berikut Daftar Stadion Piala Dunia 2022 Qatar :

Baca Juga : Piala Dunia 2022 Tinggal Menghitung Hari, Berikut Jadwal Lengkapnya

1. STADIUM 974

Stadion 974 adalah stadion sepak bola tertutup pertama di dunia yang bisa dibongkar pasang. Berkapasitas 40.000, Stadion 974 terbuat dari kontainer dan baja.

Stadion 974 terletak di dekat Ras Abu Abboud, sekitar 10 km timur dari pusat Kota Doha dan akan menjadi tuan rumah tujuh pertandingan dari babak penyisihan grup ke babak 16 besar.

2. AL-BAYT STADIUM

Stadion Al Bayt berkapasitas 60.000 kursi. Desainnya terinspirasi dari tenda bayt al sha’ar yang digunakan orang-orang nomaden di wilayah tersebut selama bertahun-tahun. Desain atas tenda bayt al sha’ar menjadi karakteristik tersendiri dari Stadion Al Bayt.

Stadion Al Bayt terletak di Al Khor, 35km utara Kota Doha. Selain itu, Stadion Al Bayt akan menjadi tuan rumah sembilan pertandingan dari babak penyisihan grup hingga semifinal.

3. LUSAIL ICONIC STADIUM

Kapasitas Stadion Lusail Iconic terbesar di antara stadion lainnya yang menjadi venue Piala Dunia 2022 Qatar, yakni 80.000 kursi.

Desain Stadion Lusail Iconic terinspirasi dari perpaduan cahaya dan bayangan dari lentera khas Arab.

Stadion Lusail Iconic terletak sekitar 20 km utara dari pusat Kota Doha dan akan menjadi tuan rumah 10 pertandingan dari penyisihan grup hingga final.

4. KHALIFA INTERNATIONAL STADIUM

Berkapasitas 40.000 kursi, Stadion Internasional Khalifa sudah menjadi tuan rumah berbagai acara olahraga penting. Stadion Internasional Khalifa terletak di dalam kompleks Aspire Zone Sports City, 5 km barat dari pusat Kota Doha.

Pada Piala Dunia mendatang, Stadion Internasional Khalifa akan menjadi tuan rumah delapan pertandingan dari penyisihan grup hingga perebutan juara ke-3.

5. AHMAD BIN ALI STADIUM

Kapasitas Stadion Ahmad Bin Ali 44.740 kursi, dengan desain yang terinsipirasi dari aspek budaya dan tradisi lokal.

Pada sisi luar stadion, mencerminkan desain yang rumit, yakni gelombang besar sebuah padang pasir menjadi ciri khasnya.

Stadion Ahmad Bin Ali adalah kandang dari Al Rayyan SC. Terletak 20km barat dari pusat Kota Doha. Stadion Ahmad Bin Ali akan menjadi tuan rumah tujuh pertandingan dari babak penyisihan hingga 16 besar.

6. EDUCATION CITY STADIUM

Stadion Education City dikelilingi beberapa universitas terkemuka, dengan kapasitas 40.000 kursi.  Sisi luar Stadion Education City bisa berubah warna sesuai dengan pergerakan matahari.

Desain Stadion Education City diambil dari perpaduan antara arsitektur Islam dan modernitas. Stadion Education City terletak 7 km barat laut pusat Kota Doha dan akan menjadi tuan rumah delapan pertandingan dari penyisihan grup hingga perempat final.

7. AL THUMAMA STADIUM

Stadion Al Thumama berkapasitas 40.000 kursi. Desain Stadion Al Thumama menncerminkan gahfiya atau topi tenun tradisional yang dikenakan oleh pria dan anak laki-laki di seluruh Timur Tengah. Ciri khas dari stadion ini adalah keberadaan desainnya yang unik.

Stadion Al Thumama terletak 12 km selatan dari pusat Kota Doha dan akan menjadi tuan rumah delapan pertandingan dari babak penyisihan grup hingga perempat final.

8. AL JANOUB STADIUM

Kapasitas Stadion Al Janoub yakni 40.000 kursi. Desain Stadion Al Janoub terinspirasi dari kapal tradisional Qatar, Dhow.

Stadion Al Janoub terletak di Al Wakrah, 22km selatan pusat Kota Doha. Pada Piala Dunia 2022, Stadion Al Janoub akan menjadi tuan rumah tujuh pertandingan dari babak penyisihan grup hingga babak 16 besar.

MASKOT

La’eeb (dalam bahasa Arab berarti pemain dengan skill supertinggi)

BOLA RESMI

Al Rihla (memiliki arti perjalanan dalam bahasa Arab)

SOUNDTRACK RESMI

Kali pertama Piala Dunia memiliki lagu ofisial. Ada tiga lagu yang masing-masing berjudul Hayya Hayya (Better Together), Arhbo, dan Light the Sky.

(jpg)

Editor : Yosep

Berita Lainnya