Seri Nasional BLiSPI Cup 2022, 12 Pemain Terbaik Bakal Terbang ke Barcelona

Pertandingan BLiSPI Cup 2022 yang berlangsung di Stadion ASIOP, Sentul, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Kamis (10/11/2022). (IST)

BABAKAN MADANG-RADAR BOGOR, Tiga puluh dua tim se-Indonesia bersaing untuk menjadi nomor satu dalam turnamen Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (BlisPI) Cup 2022 Seri Nasional, yang dibuka di Lapangan ASIOP, Sentul, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Kamis (10/11/2022).

Baca Juga : El Clasico Real Madrid vs Barcelona, Panggung Pertama Penyerang Subur

Adapun turnamen tersebut berlangsung tiga hari, dakan akan berakhir pada Sabtu (12/11/2022) lusa.

Di akhir turnamen akan ada pengumuman 12 nama talenta terbaik, yang terpilih mewakili Indonesia untuk dikirim ke Barcelona mengikuti TicTac Cup di Negara Matador tersebut.

Sejumlah klub elit Eropa juga akan ikut ambil bagian. Seperti Real Madrid, Barcelona, Paris Saint-Germain dan Valencia. Tak ketinggalan satu tim asal Negeri Sakura Jepang. Sedangkan Indonesia merupakan satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang ikut serta.

Kedua belas pemain terbaik ini dipilih oleh talent scouting berpengalaman asal Spanyol. “Saya berharap mereka bersaing dan memenangkan tiap pertandingan. Tak ada yang cedera, sehingga bisa mendapatkan 12 pemain untuk dikirim ke Barcelona,” ungkap CEO NYXS, Tony Kim usai pembukaan BLiSPI Cup 2022.

Baca Juga : Tertinggal di Awal Timnas U-20 Indonesia Bungkam Moldova 3-1

“Karena harapan saya pada kesempatan ini dapat dimanfaatkan betul oleh para pemain muda karena banyak tim bagus di Barcelona nanti.”

Sementara itu, Direktur ASEAN NYXS, Khairul Asyraf, berharap event ini dapat membukakan jalan anak-anak Indonesia menggapai mimpi. “Indonesia beruntung bisa ikut turnamen bergengsi di Barcelona. Ini berkat relasi yang kuat dari NYXS,” ujarnya.

Sementara itu, Perwakilan BliSPI Cup, Bagja Suihan menjelaskan, turnamen ini sudah sepuluh tahun berlangsung. Ada beberapa alumni yang kini menjadi andalan bagi tim nasional. Seperti Egy Maulana Vikri yang bermain pada 2015. “Lalu ada Bagus dan Bagas Kahfi serta David Maulana pada 2016. Kemudian Nizar Nurfian Subagja dan Khafitur Rizky yang kemarin juara Piala AFF U-16 2022 merupakan alumnus BliSPI Cup,” terangnya.

Adapun Ketua Panitia Pelaksana BliSPI Cup 2022, Muhammad Jaelani Saputra menambahkan, untuk aturan pertandingan akan dibagi ke dalam delapan grup. Masing-masing berisi empat tim dengan setengah kompetisi. Lalu ada babak knock out hingga final. “Paling utama adalah terpilihnya 12 pemain untuk berangkat ke Barcelona,” tukasnya. (rur)

 

Reporter : Ruri Ariatullah

Editor : Ruri Ariatullah

Berita Lainnya