Jurnalis Bogor Anugerahi Komunitas hingga Perusahaan Pahlawan Lingkungan

Jurnalis Bogor
Jurnalis Bogor menggelar sejumlah kegiatan mulai dari sarasehan yang disebut Ngobrol Peduli Lingkungan (Ngopling), penyebaran bibit ikan sebanyak 3000 ekor dan penganugerahan Pahlawan Lingkungan di Setu Citongtut, Cicadas Kabupaten Bogor.

GUNUNGPITRI-RADAR BOGOR, Memperingati hari pahlawan 10 November 2022, banyak komponen masyarakat menggelar kegiatan positif. Tak ketinggalan para insan jurnalis Bogor yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Peduli Lingkungan (AJPLI) Bogor Raya.

Baca Juga : Hari Pahlawan, Makam KH Idham Chalid Cisarua Ramai Didatangi Peziarah

Komunitas jurnalis Bogor ini menggelar sejumlah kegiatan mulai dari sarasehan yang disebut Ngobrol Peduli Lingkungan (Ngopling), penyebaran bibit ikan sebanyak 3000 ekor dan penganugerahan Pahlawan Lingkungan kepada sejumlah pihak.

Kegiatan yang dilaksanakan di Setu Citongtut, Cicadas Kabupaten Bogor itu, dihadiri Kapolres Bogor AKBP Iman Imanudin, perusahaan pengolah limbah bahan beracun berbahaya (B3) PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI), Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, Perusahaan sekitar Setu Citontut Mercedes Benz, komunitas relawan lingkungan GPS dan lembaga kemanusiaan Indonesia Care, relawan lingkungan yang ada di Bogor termasuk para insan media televisi, cetak, radio dan online.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Panitia Kegiatan dari Jurnalis Bogor Arief Permana berharap kegiatan tersebut mampu menyadarkan banyak pihak termasuk industri yang kerap membuang limbah ke sungai atau setu, bisa lebih bertanggungjawab dengan mengolah terlebih dahulu limbahnya. Sehingga tidak merugikan masyarakat dan ekosistem.

“Atau bila tak mampu mengolah sendiri bisa langsung bekerjasama dengan perusahaan yang mengolah limbah industri secara profesional,” katanya kepada Radar Bogor Kamis (11/10/2022).

Selain itu, Arief menilai kerja-kerja kepahlawanan terhadap lingkungan yang dilakukan sejumlah pihak patut diapresiasi. Baik itu dari lingkungan pemerintah, perusahaan, relawan, maupun dari elemen pegiat lingkungan lainya.

Baca Juga : Upacara Hari Pahlawan, Bima : ASN Harus Jadi Pahlawan Bukan Pecundang

“Kita apresiasi dan berikan penghargaan kepada perusahaan PPLI, Kapolres Bogor, dan Komunitas GPS yang telah secara konsisten turut menjaga dan menyelamatkan lingkungan dari pencemaran limbah B3 di wilayah Bogor,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut juga ditayangkan sejumlah video kerusakan sungai dan setu akibat limbah serta video pengolahan limbah industri secara profesional dan terintegrasi yang dilakukan oleh perusahaan pengolah limbah industri. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep

Berita Lainnya