25 radar bogor

Berkat Samisade, Warga Cibadung Nikmati Jalan Dibeton

gunung sindur
Jalan yang dibeton dari program Samisade di Desa Cibadung, Kabupaten Bogor. (Radar Bogor/ Jenal Abidin)

GUNUNG SINDUR-RADAR BOGOR, Warga Desa Cibadung akhirnya bisa bernapas lega. Jalan di Kampung Bulaksaga yang sudah lama rusak mulai dibeton melalui program Samisade.

Baca Juga: Sistem Akumulasi Poin Bagi Pelanggar Lalin Mulai Diterapkan, Simak Aturannya di Sini

Pemerintah Desa Cibadung sempat menggelar launching program Samisade tahap pertama itu. Betonisasi jalan berlokasi di Kampung Bulaksaga RT 01, 02, 03 kawasan RW 07.

Camat Gunung Sindur Dace Hatomi menjelaskan, baru ada dua desa yang sudah diluncurkan. Sedangkan, desa lainnya masih proses pengerjaan.

“Dengan adanya program Samisade sangat membantu infrastruktur jalan yang rusak khususnya di perkampungan sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat,” ucapnya kepada Radar Bogor.

Senada, Kepala Desa Cibadung Bardi mengaku, jalan yang dibetonisasi sepanjang 1 kilometer dengan lebar 3 meter. Tahap pertama baru dibeton sekira 600 meter.

“Ini tahap pertama baru di betonisasi 600 meter, sisanya di tahap kedua sekitar 40 persen,” kata Bardi.

Ia juga sangat bersyukur karena sejak awal kondisi jalan tersebut sudah rusak parah dan berkali-kali diajukan perbaikan. Namun, baru terealisasi melalui program Samisade garapan pemerintah Kabupaten Bogor.

Kendati demikian, menurutnya, kondisi jalan rusak masih banyak yang belum tercover perbaikan di wilayah Cibadung. Pasalnya, perbaikan harus melihat skala prioritas.

Baca Juga: Sementara, Balap Motor Kabupaten Bogor Sumbang 2 Emas

“Hampir 50 persen lagi jalan rusak. Karena selama ini baru program Samisade bisa terbantu lebih dari sekilometer, biasanya di program dana desa bertahap sekira 200 meter sudah maksimal,” ungkapnya.(abi)