25 radar bogor

KPI Menyelenggarakan Gerakan Literasi Sejuta Pemirsa

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Menyelenggarakan Gerakan Literasi Sejuta Permirsa Yang Berkerja Sama Dengan Universitas Ibnu Khaldun Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR- Dalam rangka mewujudkan peran serta masyarakat dalam penyiaran, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).  Menyelenggarakan kegiatan GLSP atau Gerakan Literasi Sejuta Pemirsa yang berkerjasama dengan Universitas Ibnu Khaldun Bogor, yang dilaksanakan di Aula Prof. H. Abdullah Siddiq S. H. UIKA Bogor (02/11/22).

Baca Juga :  Komisioner KPI Gaungkan Literasi Digital Pada Siaran Indonesia

Pada awal kegiatan komisioner KPI Pusat menjelaskan tujuan kenapa kegiatan dan gerakan literasi sejuta pemirsa ini dilaksanan. “Komisi Penyiaran Indonesia yang hari ini melaksanakan kegiatan. Bersama dengan Universitas Ibnu Khaldun adalah lembaga negara independen yang dibentuk berdasarkan undang-undang penyiaran yang disebutkan disitu merupakan peran serta masyarakat dalam penyiaran”. tutur Hardly Stefano Pariela dalam pembukaannya.

Sebuah istilah menyebutkan bahwa content is the king akan tetapi pada faktanya jika kita melihat data perkembangan dan dinamika media. Baik media konvensional seperti televisi dan radio maupun media baru berupa media sosial. Bahwa yang menjadi raja sesungguhnya itu iyalah kita selaku pemirsa dan uidens nya itu sendiri.

Sebuah konten yang bagus dihasilkan dari banyaknya jumlah penonton yang melihat tayangan tersebut. Hal inilah para konten kreator serta para tim produksi sebuah tanyangan akan membuat sebuah siaran yang akan menghasilkan penonton yang banyak.

Oleh karena itu Peran masyarakat memiliki pengaruh penting dalam rangka menjaga dan mendorong kualitas penyiaran. Baik buruknya sebuah siaran ada pada tangan kita selaku user dan menikmat media itu sendiri. Oleh sebab itu literasi pengawasan isi siaran seorang penonton merupakan penentu arah apakah program siaran yang dibuat oleh televisi dan radio akan terus disiarkan atau tidak.

Baca Juga : Asosiasi Rempah Nasional Siap Menjadi Payung Bagi Petani dan Pelaku Usaha Rempah

“Maka lagi-lagi pengguna adalah raja untuk menentukan apakah sebuah media akan bertahan, sebuah platfoam akan bertahan, sebuah program akan bertahan atau tidak,” .tutur Hardly Stefano Pariela selaku komisioner KPI Pusat.(shinta/Riyadi)

Editor : Yosep/Riadil-ppl