25 radar bogor

Ratusan Peserta Bersaing di La Sastra, Momentum Bangkitkan Literasi di Kalangan Remaja

BOGOR-RADAR BOGOR, SMAN 5 Kota Bogor kembali menggelar ajang La Sastra, Senin (7/11). Kegiatan yang diikuti ratusan pelajar itu bisa menjadi momentum untuk bangkitkan literasi di kalangan remaja.

Baca Juga: Ajang La Sastra Digelar, 505 Peserta dari SMP dan SMA

Ketua Panitia Guru, Dini Ruswardiningsih mengungkapkan, La Sastra juga menjadi wadah menuangkan prestasi dan ekspresi bagi pelajar. Giat lomba literasi juga dilakukan untuk menumbuhkan rasa cinta pada bahasa Indonesia.

“Saya harap semua peserta terus bisa mengekspresikan dan mengeksplor bakat serta kemampuan bahasa dan literasinya. Terbukti selama beberapa tahun berjalan semakin banyak variasi yang diciptakan peserta. Ini artinya mereka mengikuti perkembangan yang ada,” lengkap Dini kepada Radar Bogor.

Salah satu peserta, Dimas Naveed merasa senang dengan adanya La Sastra. Menurutnya, perlombaan sastra tradisional memang perlu lebih gencar digelar oleh sekolah-sekolah.

“Selama ini kita memang terlalu fokus dengan budaya barat sehingga melupakan sastra nasional. Makanya perlu ditingkatkan lagi ajang seperti ini,” ujarnya siswa dari SMP Negeri 8 Kota Bogor.

Ia pun berharap, sekolah lain bisa mengadakan perlombaan serupa. Dengan demikian, literasi semakin berdenyut di antara pelajar.

Baca Juga: Tim KKN Fakultas Hukum Unida Adakan Seminar Hukum Agraria Sekaligus MoU dengan Desa Megamendung

Peserta yang berhasil menjadi juara dalam ajang La Sastra itu akan mendapatkan sejumlah penghargaan, di antaranya piala bergilir Gubernur, piala tetap, uang pembinaan dan sertifikat. (cr1)