25 radar bogor

Kinerja Solid, XL Axiata Terus Tingkatkan Kualitas Jaringannya

BOGOR-RADAR BOGOR, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meraih kinerja solid sepanjang sembilan bulan pertama 2022. Pendapatan meningkat 9 persen lebih tinggi dari periode yang sama tahun sebelumnya (YoY) menjadi sebesar Rp21,62 triliun.

Baca Juga: BRI Beri Kemudahan Layanan Untuk Perseroan Perseorangan

EBITDA juga meningkat sebesar 5 persen YoY menjadi Rp10,38 triliun, dengan margin sebesar 48 persen.

Sementara itu, laba bersih setelah pajak dan kepentingan non pengendali yang dinormalisasi atau normalized profit after tax and minority interest (NPATAMI) meningkat 17 persen menjadi Rp976 miliar.

Pencapaian solid tersebut tetap ditopang dengan terus meningkatnya kualitas jaringan XL Axiata. Presiden Direktur dan CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, sejak awal tahun 2022 pihaknya bekerja keras untuk mewujudkan internet tercepat dan stabil di seluruh wilayah layanan di Indonesia.

Tentu saja, bukan pekerjaan mudah. Namun, hal itu harus diwujudkan karena internet cepat dan stabil menjadi kebutuhan mendesak bagi pelanggan di semua wilayah.

“Hal ini juga menjadi kunci agar kami tetap bisa bersaing di tengah kompetisi industri yang semakin ketat. Hasilnya, traffic kami meningkat hingga 26 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya,” terang Dian.

Jaringan XL Axiata juga tercatat mengalami peningkatan pendapatan layanan data dan digital di sepanjang sembilan bulan pertama 2022 sebesar 9 persen YoY dan tumbuh mencapai Rp19,71 triliun.

Pendapatan dari data dan layanan digital ini mencapai porsi lebih dari 91 persen terhadap total pendapatan perusahaan. Sementara itu, total jumlah pelanggan XL Axiata mencapai 57,4 juta dengan porsi jumlah pelanggan layanan prabayar sebanyak 55,9 juta. Pelanggan yang menggunakan 4G mencapai 92,2 persen.

Baca Juga: Siaran Analog Dimatikan, Warga Bogor Resah Kebahagiaannya Direnggut

Keseriusan XL Axiata memperkuat jaringan juga terlihat dari pengalokasian 70 persen dari total Rp9 triliun dana belanja modal (Capex) untuk ekspansi jaringan.

Hingga akhir September 2022, XL Axiata total memiliki lebih dari 145 ribu BTS 2G dan 4G dengan jumlah BTS 4G meningkat signifikan mencapai 90.174 unit. (*/mer)