25 radar bogor

Diskominfo Bogor Akui Ribuan STB Gagal Distribusi

siaran televisi
Ilustrasi siaran televisi. (Radar Bogor/ Imam R)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Ribuan Set Top Box (STB) bantuan dari pemerintah pusat gagal terdistribusikan di Kabupaten Bogor. Hal itu diakui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Warga Bogor Kesulitan Cari STB, Harganya Naik Dua Kali Lipat

Menurut Kepala Diskominfo Kab Bogor, Bayu Ramawanto, gagalnya pendistribusian STB disebabkan oleh beberapa hal.

“Beberapa kendala di lapangan seperti ada yang sudah meninggal, ada juga yang sudah pindah rumah,” ungkapnya saat dikonfirmasi Radar Bogor, Senin, (7/11).

Kendati demikian, pihaknya tidak bisa memastikan berapa jumlah STB yang gagal distribusi. Kilah Bayu, pihaknya hanya sebatas menyosialisasikan program bantuan STB serta mengarahkan pihak ketiga yang ditunjuk pemerintah pusat untuk menyalurkannya.

“Ada 144 ribuan (STB) untuk warga Kabupaten Bogor disalurkan oleh pihak ketiga. Kami hanya membantu mengarahkan pihak ketiga ke penerima STB,” dalihnya.

Bayu membantah program bantuan STB tersebut tidak tepat sasaran. Selain karena gagal terdistribusi, banyak juga warga yang kemungkinan sebelumnya tidak menganggap penting STB.

“Sehingga tidak ada persiapan, yang tadinya harga STB murah, sekarang sudah mahal jadi dikeluhkan,” sambungnya.

Baca Juga: Banyak Keluhan Soal STB, Warga Kota Bogor Bisa Melaporkan ke Sini

Meski begitu, Pemkab Bogor berharap, program bantuan STB dapat terus berlanjut dengan menyasar masyarakat kategori miskin.

“Tidak menutup kemungkinan dengan kondisi saat ini, berharap pembagian STB bisa dilanjutkan, dipenuhi terhadap yang kurang dan tetap diprioritaskan kepada yang kurang mampu,” pungkasnya.(cok)