25 radar bogor

Berusia Puluhan Tahun, Perumda Tirta Pakuan Ganti Valve Drain IPA Cipaku

Tirta Pakuan
ILUSTRASI. Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor mengganti valve drain berukuran 12 inc Instalasi Pengolahan Air (IPA) Cipaku pada Senin (7/11/2022).

BOGOR-RADAR BOGOR, Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor mengganti valve drain berukuran 12 inc Instalasi Pengolahan Air (IPA) Cipaku pada Senin (7/11/2022).

Baca Juga: Pinjaman Dana ke Pempus Disetujui, Perumda Tirta Pakuan Segera Bangun Ini

Adapun penggantian dua valve drain sendiri sesuai jadwal dimulai sejak pukul 09.00 hingga 13.00 WIB. Namun, penggantian alat tersebut tak memakan waktu lama, sehingga aliran air yang tidak mengalir ke rumah pelanggan Perumda Titra Pakuan Kota Bogor itu terjadi sejak pukul 09:00 hingga 10:30 WIB.

“Gangguan air terjadi karena adanya pekerjaan penggantian valve drain 12 di IPA Cipaku,” kata Direktur Teknik (Direktur) Tirta Pakuan Kota Bogor, Ardani Yusuf kepada wartawan.

Menurutnya, penggantian itu dilakukan agar memperlancar distribusi air mengingat alat yang sudah rusak dan umur valve drain IPA Cipaku sudah berusia 38 tahun atau dibangun pada 1984.

“Jadi karena memang umur teknis saluran yang sudah lama, itu kan dibangun pada tahun 1984 valve drain itu kan sudah sedikit agak sulit untuk pembuangan dan untuk pengurasan, jadi kita ganti,” jelas Ardani.

Adapun, menurut Ardani, penggantian valve drain 12 sendiri ini dilakukan sebagai optimalisasi, agar kualitas air yang dihasilkan itu memenuhi standar Kementerian Kesehatan (Kemekes).

“Jadi pada dasaranya ini tuh untuk optimalisasi. (Pengerjaan) Dari jam 9, barusan informasi dari Asmen Pemeliharaan sudah selesai pelaksanaan, karena cuma 2 valve drain yang diganti, satu jam setengah kurang lebih,” ujarnya.

Diketahui, imbas pekerjaan penggantian valve drain 12 Tirta Pakuan di IPA Cipaku, ada sembilan wilayah di empat kelurahan yang terdampak mengalami gangguan air.

Baca Juga: Direksi Perumda Tirta Pakuan Susur Jalur Pipa, Pastikan Pasokan Air Tetap Lancar

Di antaranya, di wilayah Lawanggintung, Skip, Batutulis, Jalan Pahlawan, Sukasari Bondongan, Layungsari, BNR, Jalan Suryakencana hingga Jalan Empang.

Adapun, keempat kelurahan itu di antaranya Lawanggintung, Bondongan, Empang dan Gudang yang tersebar di Kecamatan Bogor Selatan dan Bogor Tengah. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep