25 radar bogor

Ratusan Penari Jaipong Unjuk Kebolehan di Festival Jaipong Budi Luhur 2022

Ratusan Penari Jaipong Unjuk Kebolehan di Festival Jaipong Budi Luhur 2022

PAMIJAHAN-RADAR BOGOR, Ratusan penari jaipong dari berbagai daerah di Jawa Barat, tampil dalam Festival Jaipong Budi Luhur 2022, yang digelar di Resto Bunder Lab, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Minggu (6/11).

“Festival Jaipong Budi Luhur digelar dengan tujuan untuk melestarikan kebudayaan daerah di Indonesia pada umumnya dan Jawa Barat dan bisa melahirkan bibit-bibit unggul untuk melestarikan kebudayaan daerah,” kata Ketua Pelaksana Festival Jaipong Budi Luhur 2022, Geri Suratano kepada wartawan.

Dia menjelaskan, Festival Jaipong Budi Luhur diikuti 150 penari jaipong yang terbagi dua kategori individu (anak dan dewasa) serta kelompok (anak, remaja dan dewasa).

“Untuk peserta berasal dari Kabupaten Bogor, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Cianjur dan Bandung. Sementara untuk penilaian melibatkan tim juri dari praktisi kesenian Bogor,” ucapnya.

Geri juga berharap dengan acara ini tari jaipong akan lebih dikenal di kalangan para pegiat seni di Indonesia khususnya dan di dunia internasional pada umumnya.

Baca juga: Sanggar Seni Andika Launching Tari Kijang Bogor

“Semoga acara ini akan selalu ada di setiap tahun sehingga kami akan terus berkreasi membantu membangun negeri dan semua bisa tetap membantu keeksisan dari kebudayaan daerah,” ucapnya.

Sementara, Ketua Badan Pelaksana Harian Yayasan Pendidikan Budi Lahir Cakti, Kasih Hanggoro merasa bangga bisa berkontribusi melalui acara ini dalam meningkatkan ekonomi lokal serta budaya di Kabupaten Bogor.

“Semoga acara ini dapat mendorong putra-putri terbaik untuk menyalurkan minat bakat melalui seni tari jaipong,” imbuh Kasih Hanggoro.

Dirinya mengungkapkan, Festival Jaipong Budi Luhur bisa berkelanjutan menjadi acara tahunan. Tak lupa, dirinya juga mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak Resto Bunder Lab yang telah menyediakan tempat sehingga suksesnya acara ini.

“Semoga semua dapat belajar lebih baik memperbaiki apa yang kita inginkan kedepan dari kegiatan tarian jaipong,” katanya. (Abi)

Editor: Rany