25 radar bogor

Gempa Bumi Tektonik M4,6 Guncang Sukabumi

Ilustrasi Gempa

SUKABUMI-RADAR BOGOR, Minggu (6/11/2022), Sukabumi diguncang gempa bumi tektonik, pukul 04:51:15 WIB.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,6. Episenter terletak pada koordinat 7.76 LS dan 106.91 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 93 km BaratDaya Kota Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 37 km.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi:

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan
kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal dipicu sesar aktif dasar laut di lempeng Eurasia (intraplate earthquake).

Baca juga: Gempa Guncang Yogyakarta

Dampak Gempabumi:

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Cipamingkis, Sindangbarang, Pameungpeuk, Agrabinta dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), di Cigaru, Kab. Sukabumi dengan Skala Intensitas II – III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang – Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), di Kota Sukabumi dan Pelabuhanratu dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Gempabumi Susulan:

Hingga pukul 05:25 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Rekomendasi:

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Editor: Rany