25 radar bogor

3 Ribu Stok Vaksin Tersedia, Dinkes Kembali Ajak Masyarakat Vaksinasi Covid-19

Petugas Medis menyuntikan dosis tiga pada warga, belum lama ini. Pemkab Bogor terus kejar target capaian vaksinasi dengan melaksanakan gelaran vaksin massal. Foto : Hendi Novian
Petugas Medis menyuntikan dosis tiga pada warga, belum lama ini. Pemkab Bogor terus kejar target capaian vaksinasi dengan melaksanakan gelaran vaksin massal. Foto : Hendi Novian

CIBINONG-RADAR BOGOR, Sempat kosong beberapa waktu ke belakang, kini stok vaksin dosis booster di Kabupaten Bogor kembali tersedia.

Sebanyak 3 ribu vial vaksin diterima Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Kami mengajukan sebanyak 5 ribu vial, namun baru datang 3 ribu vial vaksin, mungkin secara bertahap,” kata Kepala Bidang Pelayanan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Bogor, Adang Mulyana kepada wartawan, Minggu (6/11/2022).

Vaksin tersebut, kini mulai disalurkan dinkes ke puskesmas-puskesmas di kecamatan se-Kabupaten Bogor.

Adang juga menyebut, pihaknya menyediakan gerai vaksin baik untuk dosis pertama, kedua dan dosis ketiga atau booster di halaman kantor Dinkes.

“Buka setiap hari, dari pagi sampai sore, gerai ini untuk masyarakat yang belum menerima vaksin booster maupun vaksinasi dosis pertama,” jelasnya.

Baca juga: BPOM Izinkan Inavac Jadi Vaksin Primer Indonesia

Menurutnya, meski kasus Covid-19 mulai mereda, namun vaksinasi harus terus dilakukan sebagai upaya pencegahan adanya penyebaran virus Covid-19 varian baru. Untuk itu, pihaknya terus mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi di tempat-tempat yang tersedia.

Sementara itu, stok vaksin yang ada saat ini, diprediksi akan habis dalam waktu dua bulan ke depan. Sehingga Dinkes Kab Bogor berharap Pemprov Jabar dapar segera mengirimkan vial vaksin booster sesuai yang diajukan.

“Setiap hari pasti ada yang divaksin di puskesmas, maka kita menunggu sekitar 2 ribu vial vaksin yang belum dikirim dari pemprov,” tukas Adang.(cok)