Cegah Penyakit Tak Menular, Puskesmas Nanggung Deteksi Dini ke Sekolah

Puskesmas Nanggung
Ratusan siswa SMAN 1 Nanggung menjalani pemeriksaan kesehatan oleh Puskesmas Nanggung untuk mencegah penyakit tak menular seperti hipertensi, diabetes serta obesitas di kalangan usia sekolah.

NANGGUNG – RADAR BOGOR, Ratusan siswa SMAN 1 Nanggung menjalani pemeriksaan kesehatan oleh Puskesmas Nanggung untuk mencegah penyakit tak menular seperti hipertensi, diabetes serta obesitas di kalangan usia sekolah.

Baca Juga : Pegawai Minimarket Nanggung Disekap di Kamar Mandi, Pelaku Pegawai Leasing

“Jumlah siswa dan guru 315 orang, mereka diperiksa mulai dari berat badan, tinggi badan lingkar perut, tekanan darah, gula darah, kolesterol, hingga pemeriksaan kadar karbon monoksida melalui tiupan nafas,” kata Penanggung Jawab Program dari Puskesmas Nanggung, Taufik Ismail kepada Radar Bogor, Kamis  (3/11/2022).

Selain untuk mengetahui kondisi kesehatan, deteksi dini ini dapat membantu petugas melakukan pencegahan penyakit dan peserta tidak memerlukan pengobatan seperti orang dewasa yang telah menderita penyakit.

“Sedangkan pada remaja cukup hanya merubah kebiasaan prilakunya, seperti pola makan yang terlalu banyak gula dan garam serta menambah aktivitas fisik minimal 30 menit dalam sehari,” kata Taufik.

Sementara Humas SMAN 1 Nanggung, Sumiyanti menyatakan, kegiatan pemeriksaan dini oleh Puskesmas Nanggung ini membuat semakin sadar akan pentingnya pengawasan terhadap anak-anak usia remaja.

“Saya sebagai guru BK juga menjadi lebih siap untuk membimbing anak-anak yang mungkin mereka sudah terpapar asap rokok, merokok, dan lainnya sehingga hal itu juga bisa menjadi usaha preventif kepada anak-anak yang belum terpapar lingkungan merokok,” katanya. (abi)

Reporter : Jaenal Abidin
Editor : Yosep

Berita Lainnya