25 radar bogor

Jembatan Gantung Penyebrangan Ambruk, 132 Orang Tewas

jembatan gantung
Sebuah jembatan gantung penyeberangan di negara bagian Gujarat, India, ambruk pada Minggu (30/102022).

INDIA-RADAR BOGOR, Sebuah jembatan gantung penyeberangan di negara bagian Gujarat, India, ambruk pada Minggu (30/102022).

Baca Juga : Ini Sosok Dermawan Pemberi Bantuan Renovasi Jembatan Ledeng Sindangsari

Jembatan tersebut ambruk saat dipenuhi wisatawan yang sedang menikmati sejumlah acara festival di musim liburan. Jembatan ambruk karena kelebihan kapasitas. Dilaporkan 132 orang tewas akibat peristiwa tersebut.

Jebatan gantung itu membentang di atas sungai Manchhu di Kota Morbi, Gujarat, India. Korban dalam musibah ini langsung tercebur ke dalam sungai. Tim gawat darurat mencoba menyelamatkan mereka.

Rekaman video Reuters TV memperlihatkan ada puluhan orang menggantung di sejumlah kabel dan reruntuhan jembatan yang tersisa. Beberapa orang mencoba memanjat puing reruntuhan jembatan yang tersisa. Ada pula yang mencoba berenang dengan aman. Anak-anak menjadi korban tewas dalam musibah ini.

Prateek Vasava, korban yang berenang untuk menyelamatkan diri dari musibah ini, menceritakan dia melihat ada sejumlah anak-anak tercebur ke dalam sungai. Jembatan gantung naas itu ambruk hanya dalam hitungan detik.

“Saya ingin menarik beberapa dari mereka (anak-anak) untuk berenang bersama saya. Namun mereka dengan cepat tenggelam tersapu air,” kata Vasava.

Baca Juga : Pakai Dana Pribadi Renovasi Jembatan Ledeng, Siapa Sebenarnya Sosok Djoni Handoyo?

Atul Prajapati, tenaga kesehatan di rumah sakit terdekat dengan tempat musibah, mengatakan pihaknya 132 orang tewas dan puluhan lainnya dilaporkan luka-luka dalam musibah ini.

Otoritas mengatakan ada lebih dari 400 orang sedang berada di jembatan dan sekitar jembatan gantung saat kejadian. Jembatan tersebut dibangun pada era penjajahan. Menteri Dalam Negeri India Harsh Sanghavi mengatakan lebih dari 150 orang berada di jembatan gantang tersebut. (tmp)

Editor ; Yosep