25 radar bogor

Prajurit TNI AD Digembleng Pemetaan Wanmil Secara Digital

TNI AD
Prajurit TNI AD saat mengikuti pelatihan pemetaan bidang perlawanan wilayah secara digitalisasi di Bogor Forest Hotel, Jumat (28/10/2022).

BOGOR – RADAR BOGOR, Meningkatkan sumber daya manusia (SDM) prajurit TNI AD terkait pemetaan, Mabesad melalui Wanmil Sterad bekerjasama dengan Topofrafi Angkatan Darat (Dirtopad) menggelar sosialisasi dan pelatihan pemetaan bidang perlawanan wilayah secara digitalisasi di Bogor Forest Hotel, Jumat (28/10/2022).

Baca Juga : Fasilitasi Warga Sekitar, Kasad TNI Resmikan Masjid Baitul Mustafa Kemang

Paban VI Wanmil Sterad, Kol. Arm Rama mengatakan, melalui pelatihan tersebut prajurit yang bertugas pada bidang pemetaan perlawanan wilayah mampu melaksanakan tugas dengan hasil yang maksimal. Mampu bekerja dengan cepat (realtime), kevalidan atau kebenaran data lebih akurat. Dan  juga pendataan lebih lengkap, terbuka serta lebih aman.

“Ini sebagai langkah awal pendataan teritorial, meningkatkan kualitas kinerja dari prajurit yang memang bertugas sebagai operator pada bidang pemetaan perlawanan wilayah,” ujar Paban VI Wanmil Sterad , Kol. Arm Rama kepada Radar Bogor disela kegiatan.

Melalui kegiatan tersebut, TNI khususnya Angkatan Darat (AD) dapat mengetahui berbagai hal dan potensi yang dimiliki masyarakat serta masing-masing wilayah baik itu potensi alam, manusia maupun hal lain.

Dengan pelatihan tersebut, TNI AD bisa menyiapkan pertahanan wilayah sejak dini. Rama juga menyampaikan, untuk prajurit yang mengikuti pelatihan tersebut dan kembali ke wilayah dapat langsung menerapkan serta mentransfers ilmu ke prajurit lain hingga kemampuan bisa merata.

“Mandat Kasad langsung, pemetaan yang akan dilakukan bisa mewadahi tiga program unggulan yakni manunggal air, ketanganan  pangan dan stating pada anak,” tambah Rama.

Baca Juga : Wakasad TNI AD Tinjau Pembangunan Jalan Program TMMD di Cigudeg

Dengan pelatihan tersebut, TNI AD bisa mempersiapkan dan menjalankan kegiatan yang terkait tiga program unggulan AD.

Untuk mencapai harapan dan target, teritorial baik itu Kodam, Kodim dan Koramil segera melaksanakan dengan memulai membuka kerjasama dengan pemerintah setempat. Sebagai tahap awal, pelatihan diikuti 70 prajurit yang berasal dari perwakilan kodam yang tersebar di seluruh nusantara. (mer)

Reporter : Omer Ritonga
Editor : Yosep