25 radar bogor

Finalis Bogorku Bersih Punya Waktu Seminggu Berbenah Sebelum Penjurian Akhir

BOGOR-RADAR BOGOR, Finalis Bogorku Bersih telah disaring dari 611 wilayah atau RT se-Kota Bogor. Penjurian untuk menentukan juara bakal berlangsung pada 5-6_ November mendatang.

Artinya, finalis hanya punya waktu seminggu lagi untuk bersiap-siap menyambut para juri. Masih ada waktu sepekan pula untuk membenahi bagian-bagian wilayah yang dianggap belum sempurna.

CEO Radar Bogor Group, Hazairin Sitepu sangat senang melihat antusiasme peserta dalam mengikuti Bogorku Bersih, tahun ini. Setiap tahunnya, acara yang lahir dari Radar Bogor bekerja sama Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor ini selalu menghasilkan wilayah-wilayah terbaik.

Tentu saja, momentum kali ini akan kembali melahirkan juara lainnya. Bisa saja lahir kampung wisata-wisata lainnya dari event Bogorku Bersih ini, seperti halnya Mulyaharja.

“Saya senang sekali karena ini sudah menjadi program reguler dari Pemerintah Kota Bogor. Hadiahnya juga sengaja dibuat cukup besar, biar jadi motivasi bagi warga nanti di RT masing-masing mau bikin apa mengembangkan wilayahnya. Itu sebagai stimulus, motivasi bagi warga untuk berkompetisi,” paparnya saat memberi sambutan di Technical Meeting bersama finalis Bogorku Bersih, Jumat (28/10).

Baca juga: Bogorku Bersih Rutin Setiap Tahun, Langkah Menggapai Adipura

Sebanyak 18 finalis telah ditentukan bakal kembali bersaing untuk podium terakhir. Secara rinci, 4 finalis kategori perumahan tepi sungai, 6 finalis perumahan teratur, dan 8 finalis perumahan swadaya.

Ia pun berharap dalam waktu seminggu, para finalis bisa memperbaiko yang mesti dibenahi. Pasalnya, Hazairin melihat dari beberapa nominasi, memang ada beberapa hal yang bisa diperbaiki. Setiap wilayah perlu menjadikannya fokus perhatian.

“Intinya adalah kelebihan (wilayah masing-masing), bagaimana kita mendidik, mengajak, mengedukasi warga kita di RT/ RW masing-masing mengatasi persoalan sampah, banjir, penataan halaman masing-masing. Kita tidak perlu menungggu pemerintah di bawah siapapun,” tandas lelaki yang akrab disapa Bang HS ini.

Selain itu, Hazairin juga memaparkan sejumlah program kolaboratif lainnya. Tidak hanya menjangkau bidang kebersihan, Radar Bogor Group juga kerap melahirkan event-event berskala nasional Festival Merah Putih hingga bersifat kemanusiaan, seperti Gerakan Anak Negeri. (mam)

Editor: Rany