25 radar bogor

Bogorku Bersih Rutin Setiap Tahun, Langkah Menggapai Adipura

BOGOR-RADAR BOGOR, Penentuan jawara Bogorku Bersih sudah di depan mata.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor pun menyimpan harapan, agar kebiasaan menjaga lingkungan bisa terus berkelanjutan melalui kompetisi tahunan itu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, Denni Wismanto tak menampik, Bogorku Bersih memberikan banyak pengaruh kepada kebiasaan dan perilaku masyarakat.

Mulai dari mengelola sampah, menjaga lingkungan, hingga menata kawasannya menjadi lebih asri.

Poin-poin itu juga bisa mengarahkan pada cita-cita Kota Bogor menuju adipura.

“Salah satu penilaian adipura sebenarnya banyak diadopsi di Bogorku Bersih. Kalau semakin banyak diaplikasikan, insyaallah kita bisa dapat Adipura,” cetusnya dalam Technical Meeting Bogorku Bersih di Gedung Graha Pena, Jumat (28/10).

Menurutnya, warga Bogor bisa konsisten menjaga kebersihan, melakukan pengurangan sampah juga didukung oleh hadirnya kompetisi Bogorku Bersih.

“Kita bikin bank sampah, TPS 3R, yang membuat mereka (warga-warga RT/ RW) semangat, ya Bogorku Bersih,” pujinya lagi.

Untuk itu, ia berharap Bogorku Bersih bisa menjadi jalan mendapatkan piala Adipura yang selama ini belum pernah ditorehkan bertahun-tahun.

Tantangan itu harus ditaklukkan bersama. Bukan hanya tugas Pemkot Bogor, melainkan perlu kolaborasi dan aksi bersama warga di tingkat RT seperti yang digalakkan Bogorku Bersih.

“Mudah-mudahan Bogorku Beraih menjadi bagian memotivasi warga. Mudah-mudahan juga ini menjadi satu langkah kita menuju mendapatkan adipura. Kalau belum sekarang, mudah-mudahan tahun depan. Jangan kita pasrah saja, ini ikhtiar untuk meningkatkan citra dan menambah pengetahuan,” pungkasnya.

Sebanyak 18 wilayah telah ditetapkan menjadi finalis Bogorku Bersih. Secara rinci, 4 finalis kategori perumahan tepi sungai, 6 finalis perumahan teratur, dan 8 finalis perumahan swadaya.

Penjurian secara langsung bakal berlangsung pada 5-6 November mendatang. (mam)

Editor: Rany