25 radar bogor

Sampo Berbagai Merek Ditarik dari Pasaran, Diduga Ada Bahan Pemicu Kanker

Ilustrasi Sampo
Ilustrasi Sampo

AMERIKA–RADAR BOGOR, Sampo kering berbagai merek di Amerika Serikat ditarik dari pasaran. Diduga, sampo kering itu mengandung bahan kimia pemicu kanker.

Baca Juga : Dicatat ya Bun, Berikut Daftar Obat Sirop dari Kemenkes yang Aman Dikonsumsi

Sejumlah merek sampo disebut oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat memiliki kandungan benzena, bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker.

Sampo label Unilever seperti, Dove, Nexxus, Suave, TIGI, dan TRESemmé. Sampo itu merupakan sampo kering aerosol seperti dilansir dari CNN, Rabu (26/10/2022).

Produk yang terkena dampak diproduksi sebelum Oktober 2021 dan didistribusikan di pengecer nasional. Mereka termasuk produk-produk seperti Dove Dry Shampoo Volume and Fullness, Dove Dry Shampoo Kelapa Segar, Nexxus Dry Shampoo Refreshing Mist, dan Suave Professionals Dry Shampoo Refresh and Revive.

Apa itu Benzena? Adalah karsinogen manusia. Paparan benzena dapat terjadi melalui inhalasi, oral, dan melalui kulit, dan dapat menyebabkan kanker termasuk leukemia dan kanker darah.

”Konsumen harus berhenti menggunakan produk sampo kering aerosol yang terkena dampak. Konsumen diminta mengunjungi UnileverRecall.com untuk instruksi tentang cara menerima penggantian untuk produk yang memenuhi syarat,” kata FDA.

Unilever belum menanggapi permintaan komentar. Tahun lalu, Procter & Gamble (PG) menarik lebih dari 30 produk perawatan rambut semprot aerosol. Termasuk banyak sampo dan kondisioner kering, memperingatkan bahwa produk tersebut dapat mengandung benzena.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat menyebut sejumlah produk sampo kering diduga memiliki kandungan bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker, sehingga ditarik dari pasaran. (jpg)

Editor : Yosep