25 radar bogor

Perbaikan Jalan KH TB M Falak Ditargetkan Awal November

Longsor Jalan Darul Quran
Kondisi terkini longsor di Jalan Darul Quran Loji, Rabu (12/10/2022). REKA/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Chusnul Rozaqi mengatakan, perhitungan desain perbaikan Jalan KH TB M Falak tengah memasuki tahap final.

Tahapan berikutnya, pihaknya akan langsung mengajukan pekerjaan fisik melalui pos anggaran Bantuan Tidak Terduga (BTT) di Pemkot Bogor.

“Ini finishing perhitungan kita. Mudah-mudahan Rabu (26/10/2022) sudah final. Kita rencanakan langsung ajukan ke BTT dan dilakukan pekerjaan fisiknya,” kata Chusnul kepada wartawan, Selasa (25/10).

Dirinya menargetkan, pada minggu awal November sudah bisa dilakukan pekerjaannya.

Baca juga: Longsor di Jalan TB Muhammad Falak, Macetnya di Sejumlah Ruas Jalan

Soal desain perbaikan Jalan KH TB M Falak, dijelaskan Chusnul, pihaknya akan melakukan perbaikan pada turap-nya.

Adapun, turap ini nantinya akan dibangun dengan panjang sekitar 20 meter dan ketinggian 10 meter.

“Mudah-mudahan sih dua bulan ya, akhir tahun mudah-mudahan selesai perbaikannya,” ucapnya.

Diakui Chusnul, dalam pekerjaan perbaikan Jalan KH TB M Falak ini, yang mengerjakan pembangunan nantinya adalah pihak ketiga.

Saat ditanya kebutuhan anggaran, Chusnul mengaku belum sampai menghitung kesitu, karena masih konsentrasi ke penyelesaian desain perbaikannya.

“Kalau RAB gampang itu. Yang pasti pekerjaan perbaikan harus disegerakan, kalau itu tidak ditangani secara darurat akan menimbulkan korban jiwa. Yang penting, ini segera ditangani. Jika tidak, akan menimbulkan permasalahan transportasi di Gunung Batu, Jalan Perintis ini juga macet, ” imbuh Chusnul.

Pada kesempatan ini, Chusnul meminta kepada pengendara agar tidak memaksakan terlebih dahulu melintasi Jembatan Darul Quran. Karena, khawatir akan terjadi longsor susulan.

“Kalau dilewati, nanti ada longsor lagi, ada korban jiwa, masalah lagi. Karena motor lewat saja getarannya bikin longsor. Jadi belum boleh dilewati kendaraan,” tukasnya.

Diketahui, hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Bogor, Selasa (11/10) sore, menyebabkan bencana tanah longsor di dekat jembatan Darul Qur’an tepatnya di Jalan KH TB M Falak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Jalan yang menghubungkan Jalan Semeru dengan Jalan Raya Loji-Gunungbatu pun ditutup hingga waktu yang belum bisa ditentukan.(ded)

Editor: Rany