25 radar bogor

Capres dan Cawapres KIB Airlangga Hartarto-Ridwan Kamil, Pengamat : Kolisi Paten!

Airlangga Hartarto dan Ridwan Kamil
Ridwan Kamil bersama Airlangga Hartarto. Ketua DPP PAN Bima Arya menyebut bahwa Ridwan Kamil masuk bursa capres KIB.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Bakal calon presiden dan wakil presiden dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) mengarah pada pasangan Airlangga Hartarto-Ridwan Kamil.

Baca Juga : Airlangga-Puan, Dua Tokoh Bakal Capres Direncanakan Bertemu Pekan Depan

Indikasi ini ditunjukan oleh Partai Golkar saat puncak Harlah ke-58 beberapa hari lalu. Saat itu Airlangga menyebut Ridwan Kamil yang hadir pada gelaran HUT yang dihadiri Presiden Joko Widodo.

“Sinyalnya demikian bung. Ini koalisi paten, Airlangga Hartarto-Ridwan Kamil. Saya pikir dua tokoh ini layak di sandingkan pasalnya keduanya punya kemampuan yang mumpuni,” terang Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies Jerry Massie kepada Disway.id, Selasa (25/10/2022). 

Ridwan mewakili Jawa Barat dengan jumlah pemilih terbesar di Pulau Jawa yang hampir menembus mencapai 34 juta. Sebaran ini dukungan di Jawa Barat ini akan meluas dan bertambah dengan kerja-kerja politik yang dilakuan Partai Golkar di daerah.

“Ini belum termasuk, kerja PAN dan PPP sebagai teman koalisi. Ini realistis dan bukan hal sulit bagi KIB jika hanya mengumpulkan 50 juta suara saja dalam waktu dekat,” terang Jerry.    

Soal pengalaman, koalisi ini tak bisa diragukan lagi. Sudah ditempa dengan fase gelaran Pilpres sebelumnya, yang secara jelas menyita waktu, energi dan finansial yang tidak sedikit. 

“Baik Partai Golkar, PAN dan PPP kemampuannya tak dapat diragukan lagi. Demikian pula dnegan sosok Airlangga. Dua kali menteri lho, dua kali pula ketua umum. Sementara Ridwan Kamil memiliki basis massa yang relevan,” papar Jerry.

Pemilih tradisional Golkar masih banyak di era Soeharto pada waktu kejayaan partai berlambang beringin ini. “Ya bisa saya katakan, lawan-lawan bakal panik jika KIB memilih duo maut ini untuk disandingkan, dan saya kira PPP dan PAN bakal setuju,” imbuhnya.

Partai Golkar hebatnya di pengkaderan dan solidiitas partai. Keduanya akan saling bahu membahu dalam membangun bangsa apalagi beredar kabar Ridwan Kamil akan hengkang ke Golkar.

“Sisi empiris, Golkar punya banyak pengalaman dan dia sudah melahirkan anak politik ada Nasdem, Gerindra, Hanura sampai PKPI,” imbuhnya.

Baca Juga : Survey Sebut Duet Ridwan Kamil-Anies Baswedan Banyak Disukai

Sementara itu Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memiliki tiket premium pencalonan presiden dan wakil presiden untuk Pemilu 2024 karena suaranya melampaui batas minimal presidential threshold.

Airlangga pun menyebut KIB masih membuka diri bagi partai politik lain untuk bergabung sehingga dapat menguatkan tiket pencalonan capres dan cawapres untuk memenangkan Pemilu 2024. (net/dis)

Editor : Yosep