Wakasad TNI AD Tinjau Pembangunan Jalan Program TMMD di Cigudeg

Wakasad
Wakasad Mayjen TNI Agus Subiyanto saat mendatangi lokasi pembangunan jalan di Desa Banyuasih Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jumat (21/10/2022).

CIGUDEG – RADAR BOGOR, Wakil Kepala Staff Angkatan Darat atau Wakasad TNI, Mayjen TNI Agus Subiyanto mendatangi lokasi pembangunan jalan di Desa Banyuasih, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, JUmat (21/10/2022).

Baca Juga : Kejar Target, Plt Bupati: Huntap Cigudeg Selesai Tahun Ini, Sisanya Tahun Depan

Wakasad TNI berharap, pembangunan jalan dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 ini, dapat membantu masyarakat.

“Tujuan TMMD untuk adanya kemanunggalan TNI dengan rakyat. Kita bekerja sama dengan rakyat membangun wilayah, sehingga kesejahteraan meningkat dan keamanan terjaga,” kata Mayjen TNI Agus Subiyanto kepada wartawan di lokasi, Jumat (21/10/2022).

Wakasad mengingatkan juga pentinganya menjaga kondisi alam di wilayah tersebut. Karena, Kecamatan Cigudeg dinilainya masuk daerah rawan bencana terutama longsor.

“Tempat ini tadi disampaikan daerah pegunungan yang rawan bencana alam. Kalau hujan di sini sering longsor. Sehingga penting adanya penyuluhan salah satunya bagaimana memperlakukan alam,” ungkapnya.

Untuk menjaga alam bisa dengan menanam kembali lahan-lahan yang gundul. Sehingga, air dari hujan bisa terserap ke pohon tidak langsung mengalir dan menggerus tanah.

“Jadi memang Dandim harus koordinasi terus dengan Pemda yang roadmap tadi itu. Kalau daerah Jawa Barat bagian utara itu karakternya beda. Agak ke sini itu pegunungan terus, sehingga membutuhkan jembatan. Maka penting harus tahu karakteristik wilayah itu sehingga TMMD tepat sasaran,” harapnya.

Sementara itu, Dandim 0621 Kabupaten Bogor Lekol Kav Gan Gan Rusgandara mengatakan pembangunan jalan sepanjang 1,7 kilometer ini ditargetkan rampung pada 9 November 2022. Jalan ini akan menghubungkan Desa Banyuasih, Kecamatan Cigudeg dengan Desa Rabak, Kecamatan Rumpin.

“Harapan kami dengan adanya pembukaan jalan TMMD antara Cigudeg dengan Rumpin ini memudahkan akses masyarakat dalam rangka berangkat ke sekolah, kemudian memperlancar perekonomian dan membatu program Pemda,” katanya. (abi)

Berita Lainnya