25 radar bogor

Siap-Siap! UMKM di Kabupaten Bogor Dapat Bantuan Subsidi BBM Rp600 Ribu

Ilustrasi Bantuan Subsidi BBM untuk UMKM Kabupaten Bogor
Ilustrasi Bantuan Subsidi BBM untuk UMKM Kabupaten Bogor

CIBINONG – RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bakal segera menyalurkan bantuan subsidi BBM ke 1000 pelaku UMKM.

Baca Juga : Antisipasi Krisis Pangan, Plt Bupati Minta Kades Gali Potensi

Bantuan tersebut senilai Rp600 ribu diperuntukan bagi pelaku UMKM yang belum pernah mendapat bantuan dari pemerintah.

“Akhir tahun 2022 ini disalurkan, per UMKM Rp600 ribu dari subsidi BBM,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bogor, Asep Mulyana kepada wartawan Rabu (19/10/2022).

Asep menegaskan, bantuan ini akan disalurkan kepada pelaku UMKM yang belum pernah terdaftar dalam penerima bantuan baik dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

Pihaknya berharap, bantuan ini juga dapat mengendalikan inflasi di Kabupaten Bogor meski hingga saat ini masih tergolong aman.

“Kita cek dulu apakah dia penerima bantuan dari Dinas Sosial atau bantuan lainnya, kita fokus pada UMKM yang belum mendapat bantuan apapun,” jelas Asep.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor, Teuku Mulya menyebut, penyaluran bantuan ini berdasarkan instruksi pemerintah pusat yang meminta 2 persen dari Dana Alokasi Umum (DAU) untuk pengendalian inflasi di daerah.

Baca Juga : Empat Direktur RSUD Hasil Seleksi Belum Juga Dilantik, Dewan : Ada Apa Sebenarnya?

Dengan total sebesar Rp14 miliar, bantuan disalurkan kepada pelaku UMKM, sopir angkutan umum dan pelaku usaha dan jasa lainnya yang terdampak kenaikan harga BBM.

“Angka ini merupakan hasil rasionalisasi APBD 2022 untuk bantalan bagi UMKM, angkutan umum dan lainnya, dampak dari kenaikan BBM,” pungkas Teuku. (cok)

Reporter : Septi Nulawan Harahap
Editor : Yosep