25 radar bogor

PUPR Sebut Gorong-gorong Jalan Dadali Berfungsi dengan Baik

Tim gabungan mencari pemotor yang masuk gorong-gorong di Jalan dadali, Kota Bogor. (Sofyansyah/ Radar Bogor)

BOGOR-RADAR BOGOR, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Chusnul Rozaqi angkat suara terkait persoalan gorong-gorong di Jalan Dadali, Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor, yang memakan korban jiwa baru-baru ini.

Chusnul mengklaim, bahwa gorong-gorong tersebut normal dan berfungsi dengan baik.

“Bukan gak tertangani, memang genangan kan sesaat tuh ya, ya namanya juga kalau intesitas curah hujan yang cukup tinggi pasti akan ada genangan,” kata Chusnul, Kamis (20/10).

Namun dirinya menyebut genangan air hanya terjadi sesaat tidak sampai beberapa jam.

“Tapi itu kan ga ada hitungan jam ya hilangnya dan itu normal menurut saya, gak ada masalah,” ucapnya.

Disinggung upaya untuk mencegah genangan tidak ada lagi, Kepala Dinas PUPR menuturkan, sebenarnya gorong-gorong di Jalan Dadali itu sudah cukup besar dari segi dimensinya. Bahkan, orang saja masih bisa berdiri di gorong-gorong tersebut.

Baca juga: DPRD Minta Pemkot Perbaiki Gorong-Gorong dan Drainase

Akan tetapi, dilanjutkan Kepala Dinas PUPR, untuk mencegah terjadi genangan, pihaknya akan memperbanyak inlet atau saluran kecil di sekitar Jalan Dadali.

“Itu udah cukup besar ko dimensi dari saluran atau drainasenya, mau digedein lagi, ya enggak lah. Tinggal kita inlet-inletnya aja kita perbanyak nanti,” ucap Chusnul.

“Itu yang kemarin (mahasiswi terseret masuk gorong-gorong) kan pas inlet yang besar aja, tapi itu hitungan berapa menit hilang ko genangan kemarin,” imbuhnya.

Menurutnya, secara umum fungsi gorong-gorong di Jalan Dadali masih berfungsi dengan baik, dan tergolong berukuran besar.

Sebelumnya, seorang pemotor dikabarkan terseret masuk got saat melintas di Jalan Dadali, Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor pada Senin (11/10) sore.

Diketahui kejadian tersebut saat hujan deras disertai angin di Kota Bogor.

Pemotor yang belum diketahui identitasnya ini terseret masuk got karena nekat menerobos Jalan Dadali yang tergenang banjir.

Berdasarkan video viral yang beredar di media sosial (Medsos), terlihat seseorang tengah merekam kondisi Jalan Dadali yang tergenang banjir dari dalam kendaraannya.

Kemudian, di dalam video berdurasi 18 detik itu, sang perekam tak sengaja merekam seorang pemotor yang berhenti lalu terjatuh bersama motornya.

Tak sampai situ, pemotor yang diperkirakan wanita itu lalu terseret hingga masuk ke dalam got.

“Ya allah motor. Allahu Akbar,” teriak sang perekam.

Hingga saat ini, petugas masih melakukan pencarian terhadap korban bersama kendaraannya. (ded)

Editor: Rany