25 radar bogor

KPU Verifikasi Faktual DPD Partai Gelora Indonesia Kota Bogor, Ini yang Dinilai

KPUD Kota Bogor melakukan verifikasi faktual di kantor sekretariat DPD Partai Gelora Indonesia Kota Bogor di Jalan Pangeran Asshogiri, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor, Utara, Minggu (16/10). (IST)

BOGOR-RADAR BOGOR, Usai meloloskan 18 parpol saat verifikasi administrasi, KPU segera bergerak melakukan verifikasi faktual terhadap partai yang tak masuk dalam parlemen maupun baru. Salah satunya Partai Gelombang Rakyat atau Gelora Indonesia. Untuk tingkat dewan pimpinan daerah (DPD) tingkat kota/kabupaten, dilakukan KPUD.

Baca Juga : Dadan Suhendar, Eks Kiper PSB Bogor Pimpin Partai Gelora Indonesia Kota Bogor

Seperti yang dilakukan DPD Gelora Indonesia Kota Bogor, Minggu (16/10). KPUD Kota Bogor melakukan verifikasi faktual (verfak) di kantor sekretariat di Jalan Pangeran Asshogiri, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor, Utara.

Adapun yang diperiksa meliputi keabsahan pengurus serta alamat kantor kesekretariatan parpol. Termasuk izin gangguan atau HO dan domisili. “(KPUD Kota Bogor) tiba pukul 10.00 WIB. Verifikasi faktual berlangsung hingga pukul 13.00 WIB,” ujar Ketua DPD Partai Gelora Indonesia Kota Bogor, Dadan Suhendar.

Adapun untuk verifikasi faktual keanggotaan, sambungnya, akan dilaksanakan pada November mendatang. Saat ini sebanyak 1.600 kader memiliki kartu tanda anggota (KTA), saat didaftarkan ke KPU RI. “Dari jumlah segitu, hanya 312 anggota saja yang akan diverifikasi faktual secara acak. Ditanyakan tentang kevalidan data yang tercantum dalam KPU, apakah sesuai atau tidak.” jelas Dadan.

Baca Juga : Partai Gelora Indonesia Besutan Anis Matta Resmi Kantongi SK Menkum HAM

Menurut mantan aktivis buruh itu, verifikasi faktual sangat penting khususnya bagi parpol baru dan parpol non parlemen. Kecuali sembilan parpol yang menempatkan kadernya di kursi DPR, secara otomatis langsung jadi peserta Pemilu 2024. “Tahapan ini yang paling penting dan krusial, karena akan menentukan lolos tidaknya kami,” tukasnya. (rur)

Reporter : Ruri Ariatullah

Editor : Ruri Ariatullah